Jakarta (Antara) -- Dalam rangka mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM), BUMN reasuransi, Indonesia Re, hadir di acara Indonesia Business & Development (IBD) Expo 2017, bersama salah satu mitra binaannya yaitu klaster Industri Kerajinan Menengah (IKM) logam yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. 

Pemilik Klaster IKM Logam, Dwijo Suwito, mengatakan, produk kerajinan yang ditampilkan di pameran ini berbahan baku logam yang bisa dibuat menjadi aneka aksesoris seperti anting, gelang, kalung dan barang asli budaya Indonesia seperti keris. 

Selain itu IKM Logam juga menampilkan berbagai komponen untuk alat rumah tangga seperti kompor gas, barang mebel dan spare partnya. 

"Kami menampilkan produk dari 14 pengusaha IKM dari 3 kecamatan di Pati yang sudah bekerjasama dengan Indonesia Re," katanya saat ditemui di stand Indonesia Re di IBDExpo 2017, Kamis (22/9). 

Menurut Dwijo, kerja sama dengan Indonesia Re ini sangat membantu para pengusaha UKM terutama dari segi permodalan sebab masing-masing IKM mendapatkan bantuan sebesar Rp 75 juta untuk dua tahun. Selain itu, Indonesia Re juga membantu membuka akses pemasaran bagi para pengusaha IKM logam. 

"Sebelum bekerja sama dengan Indonesia Re, akses pemasaran masih dilakukan dari pintu ke pintu," katanya. 

Bahkan, kata Dwijo, ada yang memasarkan produk hasil IKM tersebut ke berbagai tempat pariwisata yang berada di Bali, Yogyakarta, dan Semarang. "Melalui Indonesia Re, kami juga mendapat kesempatan untuk ikut dalam berbagai pameran kerajinan berskala nasional termasuk ikut berpameran di ajang meeting bisnis forum," lanjutnya

Yang unik dari kerajinan ini adalah hampir semua bahan yang digunakan berasal dari limbah industri dan sama sekali bukan material baru. Mereka mengumpulkannya dari berbagai perusahaan logam yang berlokasi di Jawa Tengah. 

Sementara itu, Group Head PKBL dan CSR Indonesia Re Freddy Aries Setiawan mengatakan mitra binaan Indonesia Re sudah tersebar di seluruh Indonesia. "Totalnya ada sekitar 1.300 mitra binaan dari berbagai sektor UKM," katanya. 

Partisipasi mitra binaan di IBDExpo kali ini dimaksudkan untuk memberi mereka kesempatan berinteraksi dengan dunia usaha lain sekaligus mempromosikan produk kerajinan berbahan logam.

"Diharapkan, melalui IBDExpo, kami bisa membuka kesempatan lebi luas bagi mitra binaan kami untuk mempromosikan produk-produk mereka ke pasar yang lebih luas," pungkas Freddy. 




Pewarta: Ali Imron Hamid
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017