Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menegaskan upaya pencegahan pemahaman radikalisme, separatisme, komunisme dan liberalisme dapat dilakukan dengan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan secara berkesinambungan.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat, Hidayat Nur Wahid mengatakan tantangan bangsa saat ini adalah mencegah masuknya pemikiran-pemikiran negatif yang merugikan Indonesia bila dipahami dengan salah.

"Selama ini MPR telah melakukan kerjasama dengan berbagai organisasi masyarakat, organisasi politik dan yayasan diberbagai tempat, termasuk TNI dan Polri (untuk mensosialisasikan nilai kebangsaan-red)," katanya.

Saat menyampaikan sosialisasi empat pilar MPR RI dihadapan 300 orang dari Yayasan Khonsa di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (21/9) malam, Hidayat Nur Wahid mengatakan masyarakat sangat membutuhkan informasi tentang prinsip berbangsa dan bernegara.

"Empat pilar menjadi penting untuk disosialisasikan karena banyak tantangannya saat ini, " katanya.

Ia menambahkan,"saat ini semakin penting untuk mengingatkan kita sebagai bangsa Indonesia dan kita masih sepakat Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara."

Selain mencegah paham komunis, upaya-upaya juga harus terus dilakukan untuk mencegah terorisme.

"Dengan sosialisasi empat pilar maka masyarakat semakin kokoh kuat dalam NKRI, kokoh kuat melaksanakan Pancasila dan semakin mempunyai imunitas agar tidak terpengaruh dengan paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945," tegas Hidayat Nur Wahid.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017