Pemalang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali akan ditutup apabila erupsi Gunung Agung terus meningkat.

"Pemerintah dapat menutup penerbangan ke Bandara Ngurah Rai apabila erupsi Gunung Agung meningkat dan sudah membahayakan keselamatan penerbangan," kata Menhub usai menjadi narasumber "Diskusi Nasional Sukses Indonesia Ku" di Balai Gandrung, Pulosari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu.

Menurut dia, hingga Sabtu penerbangan ke Bandara Ngurah Rai Bali masih berlangsung baik dan belum ada masalah terkait dengan erupsi Gunung Agung.

"Tidak ada hambatan, pesawat terbang masih bisa 'take off - landing' dengan baik," katanya didampingi Menteri Lingkungan dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Menhub mengatakan pemerintah sudah menyiapkan rencana evakuasi penumpang apabila erupsi Gunung Agung terus meningkat.

"Kami sudah melakukan plan (penerbangan dialihkan) ke bandara lain, seperti di Banyuwangi Jawa Timur dan Lombok," katanya.

Menhub berdoa erupsi Gunung Agung tidak besar agar wisata Bali yang sudah bagus itu tetap terkoreksi dengan baik.

"Persiapan pengalihan penerbangan juga sudah matang, seperti ke Bandara Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Ujung Pandang," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017