Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Jerman seusai mengalahkan Borussia Moenchengladbach (Gladbach) dengan skor 6-1 pada pertandingan pekan keenam di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu waktu Jerman.

Dortmund menguasai pucuk klasemen Bundesliga dengan perolehan 16 poin, unggul dua poin dari Hoffenheim di posisi kedua dan memimpin tiga poin dari Bayern Muenchen di tempat ketiga. Sedangkan Gladbach tertahan di posisi sembilan dengan delapan poin.

Pertandingan ini menjadi panggung bagi striker Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, yang menciptakan tiga gol ke gawang Gladbach.

Pada jalannya laga, tendangan voli Maximilian Philipp yang menuntaskan bola operan Pierre-Emerick Aubameyang membawa pasukan Peter Bosz memimpin 1-0 pada menit 28.

Maximilian Philipp hanya membutuhkan 10 menit dari gol pertamanya untuk membawa Dortmund memimpin 2-0 memanfaatkan umpan pendek Jeremy Toljan.

Philipp kemudian menjadi kreator atas gol ketiga Dortmund yang dicetak Aubameyang yang melepaskan sontekan jarak dekat di ujung babak pertama.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Pierre-Emerick Aubameyang kembali menggetarkan jaring gawang Gladbach. Proses gol itu bermula dari umpan silang Goetze ke kotak penalti. Bola itu disundul Aubameyang, namun sempat membentur tiang gawang sebelum dituntaskan kembali menjadi gol.

Aubameyang mencetak hattriknya pada menit 62, sekaligus mengantar Dortmund berpesta gol 5-0, meneruskan umpan tarik Mahmoud Dahoud kepada Aubameyang yang lolos dari kawalan pemain Gladbach.

Gladbach sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 5-1 lewat gol Lars Stindl yang memanfaatkan kecerobohan bek Dortmund, Papastathopoulos, yang tidak mampu memblokir umpan Thorgan Hazard pada menit 66.

Namun, sepakan voli dari Julian Weigl memastikan Dortmund mengamankan kemenangan dengan skor 61, demikian laporan pertandingan Livescore.

Susunan pemain:

Dortmund:
Roman Buerki, Piszczek, Papastathopoulos, Omer Toprak, Jeremy Toljan, Mahmoud Dahoud, Julian Weigl, Mario Goetze, Christian Pulisic, Aubameyang, Maximilian Philipp.

Gladbach:
Tobias Sippel, Oscar Wendt, Vestergaard, Ginter, Elvedi, Raffael, Lars Stindl, Fabian Johnson, Denis Zakaria, Christoph Kramer, Thorgan Hazard.

Pewarta: Alviansyah P.
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017