Timika (ANTATARA News) - Aparat Kepolisian Resor Mimika dibantu Satuan Tugas Pengamanan Objek Vital PT Freeport Indonesia melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi penembakan terhadap tiga kendaraan PT Freeport, Minggu.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, di Timika, Minggu, mengatakan penembakan oleh orang tak dikenal itu terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 09.41 WIT, di sekitar Mil 61, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," kata Victor.

Ia menyebutkan, pada Minggu pagi tersebut, tiga kendaraan milik PT Freeport masing-masing truk tangki air dengan nomor lambung 02-988 dan dua kendaraan patroli warna oranye RP25 dan KR 4113 ditembak oleh orang tak dikenal saat melintas di Mil 61 ruas jalan poros yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura.

Akibat tembakan itu, kaca depan truk tangki air pecah.

"Petugas keamanan sedang merespons ke lokasi untuk melakukan evakuasi personel dan kendaraan serta melakukan olah TKP. Kami juga sedang meminta keterangan awal dari saksi-saksi," ujar Victor.

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa truk tangki air tersebut dikemudikan Tulen Deda dari arah dataran tinggi menuju dataran rendah Mimika.

Setiba di Mil 61, kendaraan yang dikemudikan Tulen Deda itu diberondong tembakan dari sisi kiri dan kanan jalan. Adapun dua kendaraan patroli diberondong tembakan dari arah belakang.

Insiden penembakan oleh orang tak dikenal juga terjadi di sekitar Mil 60-61 ruas jalan poros Timika-Tembagapura pada 17 Agustus lalu.

Hingga kini aparat kepolisian masih terus menyelidiki siapa aktor utama di balik serangkaian aksi teror penembakan di areal Freeport yang kembali marak terjadi belakangan ini.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017