Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Ada hal menarik di sela Latihan Bersama Bilateral Garuda Shield 11/2017, di Sukabumi, Jawa Barat. Mitra TNI, yaitu tentara Angkatan Darat Amerika Serikat ikut bersama koleganya, personel TNI AD, dalam permainan tradisional khas Indonesia. 

Jadilah mereka ikut memeras keringat tarik tambang melawan pasukan TNI AD, lomba balap bakiak, sampai memasukkan paku ke dalam botol. Di Amerika Serikat, permainan-permainan seperti ini tidak ada. 

"Kegiatan ini sengaja diselenggarakan untuk memberikan refreshing atau penyegaran dan mempererat hubungan antarprajurit TNI-AD dan US Army yang juga merupakan rangkaian Latihan Bersama Garuda Shield-11/2017," kata Komandan Latihan Letnana Kolonel Infantri Khabib Mahfud, di Sukabumi, Senin.

Mereka berbaur dalam permainan yang digelar di lapangan Markas Komando Batalion Infantri 310/Kidang Kencana. Meriah dan lucu untuk disaksikan. Dengan tubuhnya yang tinggi-besar, penampilan mereka menjadi pemandangan tersendiri bagi yang menyaksikan. 

Tawa pun pecah saat anggota Angkatan Darat Amerika Serikat itu kesulitan dalam balap bakiak yang memerlukan kekompakan tim, memasukan paku ke dalam botol, juga tarik tambang. Menurut mereka, aktivitas luar ruang itu diklasidikasikan sebagai,"sport day". 

 Ini baik untuk mengisi waktu di sela-sela latihan bersama itu dan yang juga penting adalah bentuk diplomasi lembut tentang kekayaan budaya nasional dan nilai kegotong-royongan.

Selain permainan khas Indonesia itu, ada juga yang memang olahraga, di antaranya sepak takraw, bola voli, senam dan rugbi. Kegiatan itu juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada para prajurit AS.

Belum cukup itu, tentara-tentara Angkatan Darat Amerika Serikat itu juga bersemangat dan kompak saat senam aerobik zumba dan joget maumere dengan lagu latar Gemu Famire berirama riang. Di sini semuanya bergabung dalam barisan, lebur antara personel TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat. 

"Kegiatan ini juga untuk menghilangkan kepenatan selama latihan militer bersama, mereka pun terlihat bahagia dan kompak," kata Khabib.

Sementara itu salah seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat mengatakan, "Kelihatannya mudah, namun sangat sulit jika tanpa koordinasi satu sama lain dalam satu tim. Saya suka permainan ini."

Pewarta: Aditya Rohman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017