Tadi kita lihat ke lapangan, satu hari bisa kita selesaikan 300 meter dengan alat yang baru."
Salatiga (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap pembangunan jalan tol Semarang-Solo Ruas Salatiga-Solo dapat selesai dan dapat dioperasikan secara fungsional pada 2018.

"Tahun depan mudah-mudahan jalan tol Salatiga-Solo sepanjang 32 kilometer bisa kita selesaikan," kata Basuki usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Semarang-Solo Seksi III Ruas Bawen-Salatiga, Senin.

Ia mengungkapkan, dirinya telah mengecek langsung ke lokasi proyek pembangunan jalan tol Salatiga-Solo guna mengetahui capaian pengerjaan.

"Tadi kita lihat ke lapangan, satu hari bisa kita selesaikan 300 meter dengan alat yang baru," ujarnya.

Basuki menyebutkan, jalan tol Salatiga-Solo akan dioperasikan secara fungsional pada arus mudik Lebaran 2018.

"Setelah mudik, baru akan dioperasikan secara penuh. Jalan tol Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto-Surabaya akan selesai 2018 sehingga Jakarta-Semarang-Solo-Surabaya-Probolinggo nanti juga selesai 2018, Probolinggo-Banyuwangi selesai 2019," katanya.

Basuki juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan menambah jumlah tempat istirahat (rest area) di jalan tol Bawen-Salatiga dengan membangun satu lokai itu lagi di lahan milik PTPN guna mengakomodasi para pelaku usaha kevil menengah.

"Saya sudah bicara dengan Dirut PTPN, di daerah Tuntang nanti akan dijadikan rest area untuk mengakomodasi UKM sehingga total ada tiga rest area di Bawen-Salatiga," demikian Basuki Hadimuljono.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017