Minggu, 22 Oktober 2017

Stephen Hawking bahas AI di Tangerang

| 11.047 Views
Stephen Hawking bahas AI di Tangerang
Video sambutan fisikawan Inggris, Stephen Hawking, saat acara Global Mobile Internet Conference (GMIC) Indonesia 2017 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Selasa (26/9/2017). (ANTARA News/Natisha)
Jakarta (ANTARA News) - Fisikawan Stephen Hawking memberikan pandangannya mengenai kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam video sambutan di Global Mobile Internet Conference (GMIC) Indonesia 2017.

“Kecerdasan buatan akan berkembang dengan sendirinya,” kata Hawking dalam video yang diputar di GMIC di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Selasa.

Potensi kecerdasan buatan bila dimanfaatkan dengan baik menurut profesor bidang matematika di University of Cambdrige ini sangat besar.

Kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan antara lain untuk pesawat nirawak hingga mobil swakemudi.

Penelitian mengenai kecerdasan, menurut dia, tumbuh sangat cepat dan diharapkan berfokus pada keuntungan yang dapat diraih bila menggunakan teknologi tersebut.

Tetapi, ia mengimbau penelitian juga mencakup mengenai dampak buruk yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan, misalnya, penggunaan senjata otomatis.

“Senjata otomatis harus dilarang,” kata dia.

Secara garis besar, ia berpendapat perlu intervensi dari pemerintah dan pembuat kebijakan untuk memastikan teknologi kecerdasan buatan tidak membahayakan.

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga