Pekanbaru (ANTARA News) - Masyarakat di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, menghimpun bantuan senilai Rp48 juta untuk meringankan beban tragedi kemanusiaan Muslim Rohingya di Provinsi Rakhine, Myanmar.

"Bantuan ini merupakan hasil infaq yang dihimpun oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Minas bersama Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan," kata Penghulu Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Minas, Alwis, di Siak, Selasa

Menurut dia, dana Kemanusian dari masyarakat Kecamatan Minas tersebut diserahkan ke Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, Drs. H. Muharom yang selanjutnya akan diserahkan ke Kanwil Kemenag Riau dan secara kolektif se-Riau nantinya dikirim sekaligus ke Kemenag RI.

Ia mengatakan, sumber dana juga berasal dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Rohani Islam (Rohis) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam se-Kecamatan Siak.

"Bantuan terkumpul juga karena Kanwil Kemenag Riau masih memperpanjang waktu pengumpulan bantuan kemanusiaan itu hingga akhir September 2017, " katanya.

Menurut dia, bantuan dihimpun sesuai surat edaran Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau, sehingga sisa empat hari lagi harus dimanfaatkan oleh daerah untuk segera menyerahkan hasil penggalangan dana ke Kanwil Kemenag Riau.

Sementara itu berdasarkan informasi pada 4 Oktober 2017 bantuan terkumpul akan diserahkan langsung ke Kemenag RI untuk diteruskan ke Kemenlu RI yang selanjutnya akan disalurkan ke Rohingya.

Kepala Kanwil Kemenag Siak Muharom menyampaikan terimakasih atas kepedulian masyarakat Kecamatan Minas yang cukup antusias membantu meringankan penderitaan Muslim Rohingya yang saat ini menghadapi tragedi kemanusiaan.

Ia mengatakan, saat ini masih menunggu dana infaq dari kecamatan lain. Sebelumnya, pada 19 September 2017, Siak juga telah menyerahkan dana untuk Muslim Rohingya ke Kanwil Kemenag Provinsi Riau sebesar Rp48.200.000.

"Jika melihat informasi yang diterima berdasarkan konfirmasi dari kecamatan lain, insya Allah jumlah uang terkumpul diperkirakan akan mencapai Rp100 juta, murni merupakan dana infaq masyarakat Siak," katanya.

(T.F011/D016)

Pewarta: Frislidia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017