Los Angeles (ANTARA News) -  Steven Spielberg telah menyutradarai puluhan film yang meraih penghargaan sepanjang 40 tahun berkarir, namun dirinya merasa tidak nyaman saat harus berada di depan kamera.

Pemenang dua piala Oscar yang telah menyutradarai film "Schindler's List," "Jaws" dan "Saving Private Ryan," menjadi subjek sebuah film dokumenter untuk saluran televisi HBO berisi wawancara lebih dari 30 jam dengannya, serta keluarga dan teman-temannya.

"Menjadi subyek film adalah pengalaman yang sangat menarik ketika sepanjang karir justru saya mencari subjek untuk membuat film. Dan saat tiba-tiba duduk di kursi panas itu - rasanya sangat menakutkan dan mengintimidasi," kata Spielberg kepada wartawan di acara pemutaran perdana film dokumenter itu di Los Angeles, Selasa.

Spielberg (70) mengatakan bahwa sutradara Susan Lacy membuatnya mengungkapkan apa inspirasi di balik film-filmnya, meski topik itu tak banyak ia pikirkan.

"Saya tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan itu. Biar filmnya saja yang berbicara. Dan saya membiarkan Anda memahami saya melalui film-film itu."

"Saya hanya meluangkan waktu untuk mencari cerita bagus lalu menceritakannya kembali," sambung dia seperti dilansir Reuters.

Film dokumenter ini juga menampilkan wawancara dengan banyak orang yang telah bekerja dengan Spielberg atau dipengaruhi oleh karyanya, termasuk Tom Hanks, Oprah Winfrey, Harrison Ford, Leonardo DiCaprio, Martin Scorsese dan Cate Blanchett.

"Spielberg" akan tayang di HBO pada 7 Oktober.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017