Beijing (ANTARA News) - China telah mendaftarkan pasukan siaga penjaga perdamaian sebanyak 8.000 personel di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menurut Kementerian Pertahanan Nasional (MOD) negara itu, Kamis.

Diselesaikan pada 22 September, pendaftaran itu sesuai dengan persyaratan PBB untuk sistem kesiapan kemampuan pemeliharaan perdamaian terbaru, kata juru bicara MOD Wu Qian.

Pasukan siaga itu akan memainkan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian dunia dan stabilitas regional, kata Wu.

Pasukan dari angkatan darat, laut, udara dan logistik China akan melakukan tugas seperti pelatihan kesiapan tempur dan bantuan bencana di China sebelum misi di luar negeri.

Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, China telah mengirim pasukan paling banyak ke misi pemeliharaan perdamaian PBB, dan memberikan dana besar untuk operasi tersebut.

Sejak bergabung dengan operasi pemeliharaan perdamaian PBB pada 1990, pasukan China telah dikerahkan 24 kali, dengan lebih dari 36.000 personil dikirim.

Sebanyak 2.506 penjaga perdamaian PBB dari China saat ini melakukan misi di delapan lokasi, demikian seperti dilansir dari Kantor Berita Xinhua.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017