Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Adelaide dan Australia Selatan berkolaborasi dengan Mitsubishi Motors Autralia untuk membuka stasiun pengisian kendaraan listrik pertama di kawasan bisnis kota itu.

Terletak di Central Market Precinct Adelaide, delapan stasiun pengisian cepat merupakan langkah awal dari rencana 11 unit lainnya yang akan terpasang pada akhir Oktober.

Didanai oleh Mitsubishi, dan tanpa biaya dari Kota Adelaide atau Pemerintah Australia Selatan, stasiun pengisian itu menawarkan tingkat pengisian lima hingga enam kali lebih cepat dibandingkan pengisian konvensional di rumah.

Mitsubishi Outlander PHEV misalnya, bisa mengisi daya hingga 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit. Stasiun pengisian ini bisa digunakan kendaraan plug-in hybrid dan listrik lainnya.

"Kami yakin teknologi kendaraan listrik harus tersebut untuk masyarakat luas, tidak hanya bagi para pemilik kendaraan mewah," kata CEO Mitsubishi Motors Australia John Signoriello.

"Pengisi daya cepat kami cocok dengan berbagai jenis dan model kendaraan listrik yang merupakan faktor penting dalam membantu membangun pasar kendaraan listrik yang adil di Australia," imbuhnya.

Kota Adelaide berencana memasang 25 stasiun pengisian lagi di seluruh area bisnis kota itu pada pertengahan 2018.

Penjualan kendaraan listrik di Australia telah meningkat 65 persen dari tahun ke tahun hingga akhir Agustus, demikian Car Advice.
Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2017