Jakarta (ANTARA News) - Indonesia membuka peluang kerja sama kawasan industri dengan Jepang, di mana hal tersebut diupayakan dengan kunjungan Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Imam Haryono ke Jepang.

"Mereka sangat antusias dengan pemaparan mengenai kawasan industri di Indonesia. Mereka kaget ada banyak kawasan di luar Pulau Jawa yang bisa dikembangkan," kata Imam kepada Antaranews saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Imam, yang baru kembali dari Jepang pertengahan September lalu menyampaikan, Indonesia memberikan penjelasan terkait peluang investasi dibidang kawasan industri di Indonesia.

Pemaparan tersebut dilakukan di dua wilayah, yaitu Osaka dan Tokyo yang dihadiri oleh lebih dari 50 pelaku industri di masing-masing wilayah.

Adapun para investor itu dari berbagai sektor industri, yakni otomotif, maritim, agro dan petrokimia.

"Setelah pemaparan, mereka tetap antusias untuk mengikuti business matching," tukas Imam.

Menurut Imam, momen tersebut menjadi sebuah gerbang bagi Indonesia untuk menindaklanjuti kerja sama bisnis dan industri dengan pelaku bisnis dari Negeri Sakura.

"Ini pembukaan, nanti akan dilanjutkan dengan pendalaman-pendalaman. Rencananya akan ada pertemuan dengan Jetro bersama Pak Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto," pungkasnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017