Pangkalpinang (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution memastikan Sekretariat Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GR) dibuka di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna mendukung integritas pertumbuhan di tiga negara tersebut.

"Kita akan bangun sekretariat IMT-GT di daerah ini, karena Kepulauan Babel salah satu daerah yang kaya, tidak hanya timah tetapi juga ada lada, karet, kelapa sawit dan hasil laut yang melimpah," kata Darmin Nasution saat menggelar konferensi pers di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, dibangunnya sekretariat IMT-GT di daerah ini akan menjadi peluang baik bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan hasil perkebunan dan pertaniannya, sekaligus mendorong konektivitas transportasi dan sektor pariwisata.

"Jika sekretariatnya sudah terbangun, pasti dampaknya bagus, tinggal bagaimana Babel memanfaatkannya," ujarnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan dibangunnya sekretariat IMT-GT di Kota Pangkalpinang akan memudahkan Babel untuk meneruskan bahkan mengembangkan kerja sama yang berkelanjutan, agar apa yang direncanakan cepat terwujud.

"Ini peluang besar bagi kita dan saya yakin konektifitas dengan luar negeri dan provinsi lain di Sumatera lebih mudah," ujarnya.

Ia mengatakan untuk merealisasikan pembangunan sekretariat IMT-GT ini, pemerintah provinsi sudah menyiapkan lahan dan diharapkan November 2017 pembangunan sekretariat sudah berjalan.

"Lahan kita sudah ada di kawasan komplek perkantoran gubernur. Tinggal ketersediaan listrik yang akan disiapkan, karena SDM kita harus yang unggul dan aktif berbahasa Inggris," ujarnya.

(T.KR-ELZ/R010)

Pewarta: Elza Elvia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017