Bandung (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan segera mendeklarasikan dukungan untuk Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil atau Emil pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

"Insha Allah deklarasi akan dilakukan di salah satu pesantren di kawasan utara Jawa Barat," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Jawa &Barat Syaiful Huda, ketika dihubungi melalui telepon oleh wartawan di Bandung, Senin.

Hingga saat ini pihaknya masih menunggu kesiapan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk pelaksanaan tersebut dan walaupun belum mengetahui waktu pastinya, menurutnya deklarasi akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Selain itu pihaknya sengaja memilih pesantren sebagai lokasi deklarasi karena latar belakang partainya yang identik dengan kalangan ulama dan santri.

"Sebagai partai yang lahir dari rahim (NU), sudah dipastikan pesantren menjadi basis bagi partai tersebut. Ingin kembali ke habitat asal PKB," kata Huda.

Menurut dia pemilihan kawasan utara sebagai deklarasi dilakukan karena di wilayah seperti Cirebon, Indramayu, Subang, dan Karawang itu menjadi basis pemilih partai tersebut.

"Kami ingin menggerakkan basis di pantura. Hal ini diyakini mampu meningkatkan popularitas dan elektabilitas Emil di kawasan utara Jawa Barat," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017