Berlin (ANTARA News) - Sekitar 10.000 orang di Berlin terpaksa meninggalkan rumah mereka pada Senin (2/10), saat unit-unit penjinak bom bersiap menangani sebuah bom peninggalan Perdang Dunia II yang belum meledak.

Para pekerja konstruksi menemukan bom seberat 250 kilogram itu Senin pagi, membuat polisi menutup area dalam radius 500 meter dari lokasi di Innsbrucker Platz di Berlin barat.

Lalu lintas kereta bawah tanah dan suburban terganggu, dan para petugas pergi rumah ke rumah guna memastikan area itu bersih sebelum para ahli penjinak bom masuk.

Lebih dari 70 tahun setelah perang berakhir, bom-bom yang belum meledak sering ditemukan terkubur di Jerman, peninggalan serangan pengeboman intens oleh pasukan Sekutu terhadap Jerman Nazi.

Sedikitnya 60.000 orang dievakuasi di Frankfurt tengah pada September, operasi terbesar di Jerman pascaperang, setelah sebuah bom Inggris seberat 1,8 ton yang dijuluki "Wohnblockknacker" ditemukan.

Pada Mei, 50.000 warga juga diperintahkan keluar dari rumah mereka di Hanover setelah penemuan beberapa bom era Perang Dunia II.

Dan pada Hari Natal 2016, penemuan bom Inggris seberat 1,8 ton yang belum meledak memicu evakuasi 54.000 orang di Augsburg, demikian menurut siaran kantor berita AFP. (mu) 

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017