Jakarta (ANTARA News) - Organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan yang tergabung pada Forum Cipayung Plus akan menggelar Jambore Nasional terkait wirausaha kebangsaan guna menghadapi ekonomi global.

"Rencana konsolidasi nasional itu akan dibuka Presiden Joko Widodo," kata Ketua Panitia Jambore Kebangsaan dan Wirausaha Agus Harta di Jakarta Selasa.

Berdasarkan rencana, kegiatan Jambore Nasional itu akan digelar di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas Bogor Jawa Barat pada 24-29 Oktober 2017.

Acara itu akan diikuti sekitar 15.000 mahasiswa dan pemuda se-Indonesia diisi kegiatan stadium general, patriot camp, bootcamp wirausaha, outbond, perlombaan, bakti sosial, penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) dan ekspedisi.

Agus menyatakan Jambore Nasional bertujuan mempersatukan mahasiswa dan pemuda tingkat nasional untuk membangkitkan generasi muda pada bidang ekonomi.

Agus juga berharap Jambore Nasional akan memunculkan ekonom handal di Indonesia untuk menciptakan ekonomi mandiri di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mulyadi P Tamsir menyatakan Indonesia akan mandiri dan berjaya jika tingkat ekonomi mengalami kemajuan.

Diakui Mulyadi, Indonesia belum unggul dalam persaingan ekonomi global dengan negara lain sehingga menggerakkan pemuda dan mahasiswa untuk memperkuat sektor perekonomian.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017