Bogor (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor telah menyiapkan regenerasi pohon Leci (Litchi chinesis Sonn) tertua yang tumbang Rabu pagi.

"Regenerasinya ada, kita sudah tahu pohon leci ini paling tua, dari "data base" yang kita punya, kita sudah lakukan perbanyakan, dan ditanam sederetan dengan lokasi pohon leci tertua," kata Kepala Subbagian Kerjasama dan Informasi PKT KRB-LIPI, Rosiniati Apriani Risna kepada Antara.

Menurut Risna sapaan akrab Rosiniati, sudah ada dua pohon leci baru yang ditanam di area yang sama dekat lokasi pohon leci tertua yakni di dekat kolam Gunting dekat halaman belakang Istana Bogor.

Ia mengatakan pohon leci tersebut merupakan pohon fenomenal yang ada di Kebun Raya Bogor karena usianya mencapai 192 tahun. Pohon yang berasal dari China (Tiongkok) tersebut ditanam pada tahun 1823 di bawah kepemimpinan C. L Blume.

"Fenomenalnya karena paling tua, dan salah satu daya tarik Kebun Raya Bogor, setiap kita kenalkan kepada pengunjung usianya 192 tahun, banyak yang terkesan," kata Risna.

Pohon tersebut memiliki buah yang manis rasanya, dapat dimakan langsung atau dibuat manisan. Pohon leci dapat tumbuh mencapai 15 hingga 25 meter, dengan diameter batangnya 0,5-1,5 meter.

"Karena usianya sudah tua, pohon itu tidak berbuah lagi. Kan setiap pohon ada masa produktifnya," kata Risna.

Menurut Risna, pohon tersebut diketahui tumbang pada pukul 05.00 WIB dari petugas keamanan yang berganti shift malam ke petugas shift pagi. Saat berpatroli, pohon terlihat sudah rebah ke kolam.

"Kemungkinan tumbangnya dini hari, karena sore waktu hujan turun saya lihat pohon itu masih ada berdiri," kata Risna.

Risna mengatakan belum diketahui penyebab tumbangnya. Sampai saat ini pihaknya masih menginvestigasi penyebab pastinya. Dari dugaan sementara, usia pohon yang cukup tua, ditambah adanya rayap.

Selain itu selama tumbuh pohon tersebut kerap tersambar petir, kejadian terakhir tahun 2006 saat puting beliung melanda Kebun Raya Bogor, sekitar 200 pohon tumbang. Kondisi Kebun Raya Bogor seperti lokasi ilegal loging kala itu.

Posisi pohon tersebut berada di pinggi kolam Gunting, sisi barat Kebun Raya Bogor. Karena bagian barat ditumbuhan banyak pohon, petumbuhan pohon leci bergerak ke arah kolam, mengikuti arah matahari sesuai dengan proses photosintensi.

"Pohonnya lebih rindang ke arah kolam, jadi tumbangnya ke sisi yang lebih lebat," katanya.

Menurut Risna dimungkinkan pohon tersebut ditumbuhkan kembali karena dilihat dari akarnya masih ada bagian yang hidup. Teknik tersebut juga pernah dilakukan oleh LIPI ketika tahun 2006 saat puting beliung menumbangkan ratusan pohon di sana.

"Ada kemungkinan bisa diberdirikan lagi, karena ada bagian yang hidup, seperti 2006 lalu ada beberapa pohon bisa hidup lagi," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017