Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 449 orang anggota jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 33, Embarkasi Makassar, tida di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan selamat dan diterima di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Menurut informati, mereka tiba degnan pesawat Garuda Indonesia pada pukul 03.50 WITA. Jamaah merupakan penunai ibadah haji asal Kota Makassar 78 orang, Kabupaten Gowa 95 orang, Kabupaten Luwu 274 orang.

Kemudian, Kabupaten Pinrang satu orang termasuk didalamnya dua orang pindahan dari Sulawesi Barat dan Kabupaten Bone bernama Hj Nurjannah Binti Recu yang kemarin tertinggal di tanah suci akibat menderita gangguan kecemasan jiwa saat hendak diberangkatkan pulang bersama kloter 32.

"Kloter ini kembali dengan jumlah yang utuh yakni 449 orang ditambah lima orang petugas Kloter, karenanya kondisi ini patut disyukuri oleh kita semua," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar H Kaswad Sartono saat menerima rombongan di Aula II Asrama Haji Sudiang.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel ini pada kesempatan itu menyampaikan bahwa salah satu bukti kemabruran ibadah haji adalah ketika berperilaku baik dalam keseharian.

"Baik itu di lingkungan sosial bermasyarakat maupun perilaku dalam beribadah semakin mengalami peningkatan sejak kepulangan dari melaksanakan ibadah haji," tambahnya.

Sementara Assisten I Pemkab Kabupaten Luwu mewakili PPIH Daerah Gowa, Makassar dan Pinrang, H Andi Muzakkir, menyampaikan harapan agar jamaah haji yang tiba hari ini mampu membawa perubahan positif dan menjadi corong kebaikan di lingkungan sekitar dan daerahnya.

"Kami percaya dan sangat yakin bahwa ketika seseorang telah melaksanakan ibadah haji maka akan menjadi pribadi yang lebih baik serta dijadikan tauladan bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya," paparnya.

Prosesi penerimaan dan penyerahan kembali jamaah haji Kloter 33 juga dihadiri Hj Yuspiani selaku Kepala Bidang Penmad Kanwil sekaligus koordinator PPIH bagian penerimaan, Kakankemenag Kabupaten Luwu, Kabag Kesra Pemkab Luwu serta Kepala Seksi PHU Kabupaten Gowa dan Pinrang.

Dari 449 orang haji Kloter 33 tersebut, hanya jamaah asal Kabupaten Luwu yang disiapkan bus khusus untuk mengantar mereka ke daerah asal. Sedangkan jamaah asal abupaten Gowa, Pinrang dan Kota Makassar dijemput keluarga masing-masing.

Berdasarkan data Kemenag Wilyah Sulsel, jumlah penunai ibadah haji Embarkasi Makassar yang sudah kembali 14.760 orang, dari total 15.903 orang yang diberangkatkan.

Dari jumlah tersebut terbanyak asal Sulawesi Selatan yakni 7.311 orang, kemudian Sulawesi Tenggara 2.023 orang, diikuti Sulawesi Barat 1.458 orang, Maluku 1.083 orang, Maluku Utara 1.080 orang, Papua 1.067 orang, Gorontalo 981 orang, dan Papua Barat 725 orang.

Sedangkan anggota jamaah yang wafat di Tanah Suci maupun dalam perjalanan pulang tercatat 39 orang, dengan usia mulai dari 40-90 tahun.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017