Jumat, 20 Oktober 2017

Gubernur Djarot resmikan lokasi binaan PKL Kota Tua

| 2.973 Views
Gubernur Djarot resmikan lokasi binaan PKL Kota Tua
Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)
Tidak ada biaya sewa yang dibebankan kepada para PKL di lokasi binaan ini. Pedagang hanya perlu membayar Rp4.000 setiap hari...."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan Lokasi Binaan Taman Kota Intan yang berlokasi di kawasan wisata Kota Tua, tepatnya di Jalan Cengkeh, Jakarta Barat.

"Lokasi Binaan ini harus mampu memberikan nilai manfaat terhadap para pelaku ekonomi, termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pemberdayaan ekonomi lemah lainnya," kata Djarot di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis malam.

Menurut dia, lokasi binaan PKL itu terintegrasi dengan lahan parkir yang dapat menampung 150 mobil dan 400 motor, sehingga memberikan kenyamanan bagi para wisatawan, sekaligus mendongkrak jumlah pengunjung di Kawasan Kota Tua.

"Tidak ada biaya sewa yang dibebankan kepada para PKL di lokasi binaan ini. Pedagang hanya perlu membayar Rp4.000 setiap hari. Saya berharap lokasi binaan ini terus dijaga kebersihan, ketertiban dan keamanannya demi kenyamanan para pengunjung," ujar Djarot.

Sementara itu, kepada pihak pengelola, mantan Wali Kota Blitar itu berpesan agar terus melakukan kontrol terhadap makanan yang disajikan, sehingga senantiasa terjaga kebersihannya.

"Jangan sampai ada makanan yang membahayakan masyarakat atau konsumen, seperti pangan yang mengandung formalin, boraks, perwarna tekstil serta zat-zat kimia berbahaya lainnya," tutur Djarot.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan terdapat sebanyak 456 kios yang tersedia bagi para PKL di lokasi binaan tersebut, dengan rincian 128 kios untuk pedagang kuliner dan 328 kios untuk pedagang non kuliner.

"Sedangkan untuk pengerjaan atau penataan lokasi binaan tersebut sudah dilakukan sejak November 2016 lalu hingga akhirnya dapat diresmikan pada hari ini," ungkap Djarot.

Setelah Kawasan Kota Tua, dia menambahkan untuk tahap selanjutnya Pemprov DKI Jakarta akan menata sub-kawasan lainnya, diantaranya Kawasan Pecinan, Kawasan Pekojan dan Kawasan Sunda Kelapa.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga