Jakarta (ANTARA News) - Microsoft akan segera menghadirkan browser Edge-nya ke smartphone Android dan iOS. Raksasa perangkat lunak itu telah memulai program pengujian beta untuk Windows Insiders untuk percobaan Edge versi mobile.

Microsoft Edge di iOS dan Android akan dapat menampilkan laman ke dan dari PC sehingga pengguna dapat terus browsing di beberapa perangkat.

Edge juga akan menyinkronkan bookmark, riwayat dan daftar bacaan dan membawa tampilan Reading View ke ponsel. Dengan itu pengguna dapat menghilangkan tautan, iklan dan kekacauan desain dari artikel dan hanya berfokus pada teks.

Sayangnya, Microsoft tidak mengizinkan pengguna untuk menyinkronkan tab (paling tidak) seperti yang dilakukan Google Chrome.

Dilansir dari laman GSM Arena, Microsoft Edge memiliki beberapa kelebihan pada PC yang menggunakan Windows 10 dibanding Chrome, Firefox dan sejenisnya.

Peramban web yang dikembangkan Microsoft itu bekerja cepat dengan  konten HTML5 dan umumnya lebih baik dalam hal masa pakai baterai laptop dibandingkan dengan rekan-rekannya.

Kelebihan lainnya adalah dalam hal plug-in browser. Setidaknya, Edge bekerja dengan baik pada driver Windows Precision untuk trackpad laptop membawa zoom multitouch dan gesture yang halus pada Windows 10.

Jika Anda ingin menguji Microsoft Edge di smartphone Anda, yang perlu Anda lakukan adalah bergabung dengan program Windows Insider.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017