... Minggu depan kami akan merilis perkiraan yang diperbarui menjelang pertemuan tahunan kami-dan kemungkinan akan menjadi lebih optimis lagi...
Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) lebih optimistis mengenai pemulihan global ketimbang pada Juli, sementara negara-negara didesak untuk meningkatkan langkah-langkah reformasi guna mendukung pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Pemulihan global yang telah lama ditunggu-tunggu sedang mengakar... Minggu depan kami akan merilis perkiraan yang diperbarui menjelang pertemuan tahunan kami-dan kemungkinan akan menjadi lebih optimis lagi," kata Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde, Kamis (5/10), dalam pidato pada  menjelang pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia.

Pada Juli, IMF memperkirakan ekonomi global tumbuh 3,5 persen tahun ini dan 3,6 persen pada 2018.

Lagarde, Kamis (5/10), menyatakan, hampir 75 persen dunia sedang mengalami kemajuan--percepatan berbasis luas sejak awal dekade ini.

Selain percepatan pertumbuhan global, stabilitas keuangan juga membaik karena sistem perbankan lebih stabil dan kepercayaan pasar meningkat, kata Lagarde.

"Kami melihat beberapa terobosan sinar matahari - tapi ini bukan langit yang cerah," kata Lagarde, mengutip tingginya tingkat utang, pengambilan risiko yang berlebihan di pasar keuangan, dan meningkatnya ketegangan geopolitik sebagai ancaman terhadap pemulihan global.

Lagarde meminta negara-negara memanfaatkan kemajuan tersebut untuk melakukan reformasi, seperti berinvestasi di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta infrastruktur guna meningkatkan produktivitas dan mendorong pertumbuhan inklusif.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017