Gorontalo, Provinsi Gorontalo (ANTARA News) - Komandan Kodim 1304/Gorontalo, Letnan Kolonel Infantri Dadang I Marzuki, mengatakan, TNI tidak akan pernah menyakiti hati masyarakat dan berusaha selalu interaktif dengan rakyat untuk menjaga soliditas dan kekompakan dalam menjaga keamanan hingga daerah.

"Peran TNI dalam menjaga stabilitas keamanan daerah yaitu kita dalam satuan kewilayahan dalam tugas sehari-hari selalu menjalin interaksi dengan masyarakat melalui peran Bintara Pembina Desa (Babinsa)," ucap komandan satuan kewilayahan TNI AD itu, di Gorontalo, Jumat.

TNI secara keseluruhan, kata dia, selalu melakukan deteksi dini, pencegahan dini, dan memberikan informasi kepada masyarakat dan melakukan upaya sosialisasi kepada generasi muda melalui program bela negara dan wawasan kebangsaan.

"Dengan ada interaksi dengan para generasi muda pun diharapkan dapat membangun motivasi, semangat untuk tetap selalu setia kepada NKRI," ucap Marzuki.

Ia mengungkapkan saat ini program Bela Negara di wilayah Gorontalo telah masuk ke generasi muda dan mahasiswa, sedangkan untuk masyarakat luas baru dilakukan saat ada forum-forum tertentu.

"Untuk program bela negara dan wawasan kebangsaan, kami bahkan telah bekerjasama dengan universitas yang ada di Provinsi Gorontalo, seperti pada saat penerimaan siswa baru," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan oleh TNI saja, tapi dibutuhkan kerjasama seluruh pihak.

"Kita harus saling bahu membahu, baik TNI, Kepolisian Indonesia, seluruh instansi dan masyarakat bersatu padu khususnya di Provinsi Gorontalo agar bisa menjadi kekuatan yang solid," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017