Kami berterima kasih kepada INASGOC yang sudah intensif berkomunikasi dengan OCA."
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menyambut baik penambahan nomor pertandingan cabang olahraga balap sepeda Asian Games 2018 dari 16 menjadi 24.

"Kami berterima kasih kepada INASGOC yang sudah intensif berkomunikasi dengan OCA," kata Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Jumat.

Penambahan tersebut, lanjut Okto, akan mengakomodir nomor pertandingan yang menjadi andalan Indonesia terutama "downhill" putra dan putri selain 22 nomor olimpiade.

Sebelumnya, Dewan Olimpiade Asia (OCA) hanya menetapkan 16 nomor pertandingan untuk cabang olahraga sepeda di Asian Games 2018 akan tetapi kabar terakhir diputuskan nomor tersebut bertambah menjadi 24 nomor.

Adapun nomor-nomor pertandingan yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 akan terdiri dari BMX (2 nomor), BMX freestyle (2 nomor), mountain biking (4 nomor), road (4 nomor) dan track (12 nomor).

Dari kesiapan para atlet sendiri, Okto menyampaikan para punggawa Indonesia mengalami perkembangan luar biasa dan akan diikutkan berbagai program seperti uji coba di sebuah turnamen dan pemusatan latihan demi bisa bersaing dengan negara-negara kompetitor.

"Dalam waktu dekat tim track Indonesia akan kita ikutkan turnamen di India, lalu anggota Pelatnas akan kita berangkatkan ke camp di Belanda dan negara lainnya mulai November 2017," ujar dia.

"Ini dilakukan untuk meningkatkan kadar bersaing mereka karena kita lihat negara-negara kompetitor kita cukup serius mempersiapkan ini," katanya menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017