Kami mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai agar tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami
Sorong (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala richter mengguncang Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Sabtu pukul 10.45 WIT dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong Andri W Bidang menyatakan, lokasi gempa pada koordinat 1.17 Lintang Selatan dan 132.72 Bujur Timur yang berjarak 219 km Timur Laut Kabupaten Tambrauw.

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Tambrauw. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Disebutkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

Hingga saat ini belum dilaporkan adanya kerusakan yang timbul akibat gempa bumi di Kabupaten Tambrauw tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai agar tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017