Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menjadikan lomba bersepeda "Gowes Siti Nurbaya Adventure" pada 29 Oktober sebagai persiapan menjadi rute ajang balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) November yang akan datang.

"Dengan tema yang sama yakni lomba sepeda, kegiatan Gowes menjadi cerminan kesiapan Padang menggelar ajang balap sepeda dunia itu," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Padang Azwin, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan salah satu aspek yang dipersiapkan yakni kondisi trek pada lomba mendatang.

Khususnya wilayah di sepanjang pantai Padang, Air Manis dan Teluk Bayur yang nantinya juga jadi rute TdS.

Kemudian dari aspek pariwisata, kegiatan Gowes juga diikuti oleh 3.000 peserta, sehingga perlu dievaluasi kesiapan beberapa infrastruktur wisata di Padang.

Selain itu persiapan kegiatan tentu menjadi evaluasi menjelang TdS.

"Bagi atlet yang ikut serta bisa jadi ajang pemanasan, seperti atlet pelatnas yang mungkin ambil bagian," ujarnya.

Secara prinsip tambah Azwin, Gowes Siti Nurbaya lebih menekankan pada kegiatan olahraga santai dibalut dengan sajian wisata.

"Diharapkan Gowes ini menjadi kegiatan rutin olahraga sekaligus wisata di Padang sama halnya TdS yang lebih menekankan pada lomba," ujarnya.

Sementara itu salah satu penggagas kegiatan TdS James Hellyward mengatakan ajang balap sepeda dunia itu tujuan awalnya adalah mengenalkan Sumbar ke dunia internasional.

Dalam waktu singkat animonya cukup tinggi, perlahan ajang ini jadi lomba adu cepat pebalap dunia.

Dia berharap kegiatan Gowes di Padang juga hasilnya seperti TdS.

Pewarta: MR Denya Utama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017