Jakarta (ANTARA News) - Australia mengubur harapan Suriah untuk berlaga di Piala Dunia 2018 Rusia, setelah The Soccerros memetik kemenangan 2-1 (Agregat 3-2) melalui babak tambahan pada leg kedua play-off zona Asia yang digelar di ANZ Stadium, Sydney, Australia, Selasa.

Kemenangan yang tercipta berkat dua gol Tim Cahill itu memastikan pasukan Ange Postecoglou itu meraih tiket play-off Piala Dunia 2018 untuk menghadapi tim peringkat empat dari klasemen zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (Concacaf).

Laga ini juga diwarnai kartu merah yang diterima pemain Suriah pada menit 94 saat Mahmoud Al Mawas mendapatkan kartu kuning kedua akibat melanggar Robbie Kruse.

Pada jalannya laga, Suriah sempat mengejutkan tim tuan rumah saat Tamer Haj Mohamad mencuri bola dari Mark Miligan kemudian bola tersebut diselesaikan oleh Omar Al Soma untuk membawa Suriah unggul 1-0 di menit ketujuh.

Namun Australia hanya membutuhkan lima menit setelah gol itu untuk menyamakan kedudukan saat bekas pemain Everton, Tim Cahill, menuntaskan umpan silang James Troisi.

Setelah gol itu, permainan menjadi melambat dan kedua tidak menghasilkan peluang matang sampai menit 90 dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Suriah terpaksa bermain dengan 10 pemain saat babak tambahan baru berjalan empat menit saat Mahmoud Al Mawas menerima kartu kuning kedua karena melanggar Robbie Kruse.

Keunggulan jumlah pemain itu dimaksimalkan Australia untuk mencetak gol kemenangan melalui tandukan jarak dekat Tim Cahill yang meneruskan umpan silang Kruse pada menit 111.

Suriah nyaris menyamakan kedudukan dari tendangan bebas Al Soma dari luar kotak penalti, namun sepakannnya tak bebruah gol karea membentur gawang sehingga skor 2-1 untuk kemenangan The Soccerros bertahan hingga laga usai.

Australia dan Suriah melakoni laga playoff karena keduanya menempati posisi ketiga dari dua grup kualifikasi zona Asia. Suriah di grup A bersama Iran dan Korea Selatan yang otomatis lolos ke Rusia, sedangkan Australia di Grup B bersama Jepang dan Arab Saudi sebagai dua tim teratas.

Australia akan menghadapi putaran play-off kedua menghadapi tim peringkat empat klasemen zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (Concacaf). Pemenang laga itu akan mendapatkan jatah otomatis bermain di Rusia tahun depan, demikian ESPN.

Susunan pemain:
Australia:
Mathew Ryan, Milos Degenek, Trent Sainsbury, Matthew Jurman, Matthew Leckie, Robbie Kruse, Mark Milligan, James Troisi, Brad Smith, Tom Rogic, Tim Cahill.

Suriah: Ibrahim Alma, Tamer Haj Mohamad, Mahmoud Al Mawas, Moayad Ajan, Jehad Al Baour, Zaher Al Midani, Fahad Youssef, Omar Al Somah, Hamid Mido, Mardik Mardikian, Oday Jafal.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017