Jumat, 20 Oktober 2017

Australia larang tim nasional sepakbola Korea Utara tampil

| 5.288 Views
Australia larang tim nasional sepakbola Korea Utara tampil
Pejalan kaki melewati layar TV melaporkan peluncuran rudal Korea Utara di Tokyo, Jepang, Jumat (15/9/2017). (REUTERS/Issei Kato)
Sydney (ANTARA News) – Pemerintah Australia memutuskan melarang tim nasional sepak bola junior Korea Utara tampil dalam turnamen di negeri kanguru tersebut sebagai protes terhadap program nuklir Pyongyang, menurut laporan stasiun televisi SBS, Selasa (10/10).

"Pemerintah memutuskan tidak mengizinkan tim nasional sepak bola U-19 Korea Utara memasuki Australia untuk tampil dalam kualifikasi kejuaraan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) U-19," ujar Menteri Luar Negeri Julie Bishop kepada SBS.

“Menerima tim (Korea Utara) bertentangan dengan penentangan keras pemerintah terhadap program pengembangan nuklir dan rudal ilegal Korea Utara," ujar Bishop seperti dilansir SBS.

"Hal itu tidak sesuai dengan upaya kami untuk meningkatkan tekanan diplomatik dan ekonomi terhadap Pyongyang untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB."

Tim nasional Korea Utara dijadwalkan bertandang ke Australia bulan depan untuk tampil di kualifikasi kejuaraan AFC dalam grup yang juga beranggotakan Australia, Hong Kong dan Kepulauan Mariana Utara.

Juru bicara Federasi Sepak Bola Australia menuturkan kepada SBS bahwa laga kualifikasi "kemungkinan akan dipindahkan keluar Australia" karena pemerintah menolak memberikan visa kepada tim nasional Korea Utara, demikian AFP.

Penerjemah: Monalisa

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga