Samarinda (ANTARA News) - Kesebelasan Borneo FC U-19 berhasil mengalahkan Timnas U-19 Thailand dengan skor tipis 4-3 pada laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Segiri Samarinda, Rabu (11/10).

Tim pesut etam junior mampu melanjutkan trend positif timnas U-19 Indonesia yang sebelumnya juga menumbangkan timnas Gajah Putih dengan skor tipis 3-0.

Borneo FC U-19 sempat tertinggal gol di menit awal babak pertama melalui gol Pongsakorn Salee memanfaatkan sepak pojok.

Tertinggal, Pesut Etam coba bermain lebih disiplin dan tenang. Hasilnya anak asuh Ricky Nelson menyamakan kedudukan menit 21 lewat gol Abdul Hamid.

Sayangnya, enam menit kemudian Thailand berhasil membalas melalui tendangan keras Sakunchai Saengthopho.

Pelatih Ricky Nelson mencoba skema baru dengan memasukkan Shihran dan Noer Fadhil agar bisa mengejar defisit gol.

Strategi Nelson akhirnya membuahka hasil ketika Fadhil mampu menyarangkan bola pada Menit 49.

Fadhil kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Thailand U-19 pada menit 67.

Tim Thailand tak mau menyerah begitu saja, pada menit 71 gilaran Keroon berhasil mengubah skor mendi 3-3.

Sayangnya, memaauki penghujung babak kedua, kembali Fadhil berhasil menyontek bola ke gawang Thailand dan membuat Pesut Etam unggul 4-3.

Total 7 gol menutup kemenangan Pesut Etam atas kampiun AFF Cup U-19 itu pada laga persahabatan.

Usai laga, Ricky Nelson mengapresiasi permainan anak asuhnya yang tampil menghibur dan membanggakan publik Samarinda. Ia juga memuji atmosfer penonton yang membuat Borneo FC U-19 tampil percaya diri meski sempat tertinggal.

"Ini luar biasa atmosfer malam ini, penontonnya sangat antusias. Kita gak mau kalah di hadapan publik sendiri. Spirit ini yang kita bangun membawa nama Indonesia. Anak-anak dapat kemenangan dan kami bisa menghibur penonton," ungkapnya.

Kapten Borneo FC U-19, Habibie mengaku memetik pelajaran berharga menghadapi Thailand. Habibie yang sudah 3 kali bertemu dengan Thailand ini menganggap kualitas Borneo FC U-19 tak kalah dengan negara terbaik di Asia Tenggara itu.

"Siapapun lawannya kami akan melawan dengan sekuat tenaga dan kerja keras. Kami bersyukur bisa menang dan memetik banyak pelajaran," kata pemain bernomor punggung 15 ini.

Habibie berharap para pemain tetap menjaga momentum kemenangan ini untuk lebih siap menatap babak 8 besar Liga 1 U-19 di Bali, pekan depan.

"Kemenangan ini saya persembahkan warga Samarinda dan Pusamania teman-teman sangat luar biasa. Ini modal buat kami di 8 besar di Bali tanggal 18 Oktober nanti," ujarnya.

Pewarta: Arumanto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017