Surabaya (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengucapkan selamat hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur, saat memimpin upacara di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis.

"Selamat Hari Jadi ke-72 Jawa Timur, semoga masyarakat dan pemimpinnya selalu diberi kesehatan serta kekuatan sehingga selalu memberikan kontribusi positif bagi negara," ujarnya.

Pada kesempatan sama, ia juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang mengucapkan selamat serta terima kasihnya atas pengabdian dan dedikasi seluruh masyarakat Jawa Timur. 

Jawa Timur merupakan tiga besar provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia, dan secara politik memiliki peran penting.

Menurut Kumolo, momentum hari jadi hendaknya menjadi waktu yang tepat bagi pengambil dan pelaksana kebijakan di Jawa Timur untuk evaluasi atas capaian kinerja yang sudah diraih daerah, khususnya peningkatan layanan publik, menjadikan daerah yang berdaya saing, dan menaikkan kesejahteraan masyarakat.

"Keberhasilan ini akan banyak ditentukan berbagai persyaratan serta kemampuan bersama, sekaligus optimalisasi sumber daya manusia sehingga hambatan bisa dilewati," ucapnya.

Dia optimistis pemerintah Provinsi Jawa Timur dibantu masyarakatnya mampu menyelesaikan program strategis, agenda dan janji politik yang sudah disampaikan ketika pencalonan kepala daerah.

Sementara itu, pada jalannya upacara, turut hadir Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, didampingi istrinya, Nina Soekarwo, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, didampingi istrinya, Fatma Saifullah, para pejabat Jawa Timur, mantan Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo, sejumlah konsul jenderal dan kepala perwakilan negara sahabat serta ribuan undangan, dan lain-lain.  

Seusai upacara juga ditampilkan berbagai atraksi kesenian Jawa Timur-an, mulai dari reog Ponorogo hingga tampilan budaya lainnya, termasuk drum band dan senam goyang maumere. 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017