Jumat, 20 Oktober 2017

Spanyol bersatu pada Hari Columbus di tengah pemisahan diri Catalonia

| 3.741 Views
Spanyol bersatu pada Hari Columbus di tengah pemisahan diri Catalonia
Madrid, Spanyol, Sabtu (22/3). (REUTERS/Paul Hanna )
Jakarta (ANTARA News) - Spanyol merayakan hari nasional atau Fiesta Nacional de Espana yang di Amerika Serikat disebut Hari Columbus, Kamis waktu setempat, untuk menunjukkan pesan persatuan terhadap upaya merdeka Catalonia. Perayaan ini digelar satu hari setelah pemerintah pusat memberi pemimpin separatis Catalonia tenggat waktu untuk mencampakkan proposal pemisahan dirinya.

Namun perayaan nasional ini dibayang-bayangi oleh jatuhnya sebuah pesawat tempur Eurofighter sekitar 300 km di tenggara Madrid selagi dalam perjalanan balik ke pangkalannya setelah ambil bagian dalam parde militer. Kecelakaan menewaskan seorang pilotnya.

Pada hari peringatan Christopher Columbus menemukan benua Amerika itu, Perdana Menteri Mariano Rajoy dan Raja Felipe VI menghadiri parade di pusat kota Madrid di tengah perjuangan keras Spanyol dalam menghadapi krisis politik paling buruk dalam beberapa puluh tahun ini.

Angkatan bersenjata berparade di sepanjang jalan Paseo de la Castellana di Madrid demi merayakan tibanya Christopher Columbus di benua Amerika pada 1492.

Perayaan serupa diadakan di Barceclona, ibu kota Catalonia, oleh para pendukung persatuan Spanyol, termasuk salah satu gerakan ultra kanan, demikian AFP

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga