Jakarta (ANTARA News) - PDI Perjuangan resmi mengusung pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulawesi Selatan pada Pilkada serentak tahun 2018.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengumumkan kedua nama tersebut pada Rapat Koordinasi Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di kantor DPP PDI Perjuangan Jakarta, Minggu.

Menurut Megawati, PDI Perjuangan memutuskan mengusung Nurdin Abdullah sebagai calon gubernur setelah menjalani serangkaian proses seleksi, di antaranya adalah tes psikologi dan sekolah politik.

Dari serangkaian tes tersebut, PDI Perjuangan menilai, Nurdin Abdullah memiliki komitmen untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.

"PDI Perjuangan mengusung calon kepala daerah, pertimbangan utamanya adalah komitmen merah putih, yakni komitmen memajukan bangsa dan negara," ucapnya.

Menurut Megawati, Nurdin Abdullah sebagai bupati Bantaeng selama dua periode, telah terbukti memajukan daerah tersebut, dari daerah terpencil menjadi salah satu daerah perekonomian yang diperhitungkan di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman adalah sosok profesional yang memiliki prestasi tersendiri di Sulawesi Selatan.

Andi dinilai memiliki pengalaman, baik di perusahaan nasional maupun multinasional.

Pada kesempatan tersebut, Megawati mengakui, Sulawesi Selatan bukanlah basis massa PDI Perjuangan, tapi PDI Perjuangan telah melakukan konsolidasi kader dari tingkat ranting, cabang, hingga ke tingkat daerah.

Menurut Megawati, dengan mengusung pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman, PDI Perjuangan, optimistis dapat memenangkan Pilkada Sulawesi Selatan pada tahun 2018.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017