Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar mampu mengamankan tiga poin usai mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1 dalam lanjutan pertandingan Liga 1 di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu malam.

Dua gol kemenangan tim "Juku Eja" yang sekaligus menjaga perburuan gelar juara itu masing-masing diciptakan Zulkifli Syukur (menit 7) serta Pavel Nurishkin ketika pertandingan berjalan 89 menit.

Adapun satu gol dari Persib Bandung diciptakan melalui Febri Haryadi saat laga baru berjalan dua menit.

Pelatih Robert Rene Alberts usai laga mengatakan bangga dengan perjuangan para pemain hingga akhir pertandingan.

"PSM layak meraih kemenangan karena kita mendominasi pertandingan terutama 20 menit pertama. Kita mampu memperagakan sepak bola indah dengan umpan satu dua dan itu bisa bertahan sampai babak pertama," ujarnya.

"Khusus untuk Pavel, saya bangga telah mencetak gol penting dalam pertandingan tersebut.Kita juga berhasil mematahkan rekor seri dari Persib Bandug," jelasnya.

Pelatih Persib Hery Setiawan memberikan selamat atas kemenangan PSM dalam pertandingan tersebut. Dirinya juga mengaku timnya sempat memberikan tekanan bagi kubu tuan rumah meski pada akhirnya kemenangan tidak berpihak pada tim Persib Bandung.

"PSM mendapatkan keberuntungan pada pertandingan ini dengan memanfaatkan serangan balik,"katanya.

Adapun alannya pertandingan, disaat PSM berupaya mengambil inisiatif penyerangan justru harus tersentak dengan lahirnya gol cepat Febri Haryadi pada menit ke-2.

Gol pemain timnas itu berawal dari sodoran manja dari Michael Essien di tengah lapangan yang mampu dimaksimalkan Febri melalui tendangan keras yang gagal dijangkau penjaga gawang PSM Rivky Mokodompit.

Namun tim tuan rumah ternyata tidak kelabakan dengan gol cepat Persib Bandung. Hamka Hamzah dan kawan-kawan justru bisa bersikap tenang dan itu berbuah manis dengan lahirnya gol balasan lima menit kemudian melalui tendangan keras Zulkifli Syukur dari luar kotak penalti.

Mampu menyamakan kedudukan membuat para pemain PSM semakin tenang dalam menyusun serangan. Beberapa peluang yang nyaris berbuah gol juga mampu diciptakan melalui sejumlah nama seperti Ferdinand Sinaga, Titus Bonai dan Marc Anthony Klok.

Sementara tim tamu juga memiliki beberapa peluang termasuk saat memasuki masa perpanjangan waktu melalui tendangan bebas Michael Essien. Peluang itupun menjadi yang terakhir sebelum wasit meniup tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, kendali permainan kembali diupayakan tim tuan rumah. Sejumlah pemain baru juga dimasukkan seperti M Rahmat yang mengantikan posisi Titus Bonai serta Zulham Zamrun digantikan Pavel Nuriskin.

Pergantian itu ternyata belum mampu memberikan perbedaan yang nyata. Apalagi para pemain Persib justru terlihat lebih santai dalam meredam serangan tim PSM.

Namun ketika pertandingan difikir akan berakhir dengan hasil imbang, pemain pengganti Pavel Nurishkin akhirnya mampu membuat seluruh isi stadion bersorak melalui golnya dimenit ke-89 sekaligus membawa kemenangan 2-1 untuk PSM Makassar.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017