Banda Aceh, (ANTARA News) - Dua gajah ditemukan mati ditemukan mati akibat terkena sengatan listrik yang dipasang di pagar kebun warga di Kabupaten Aceh Timur.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh, Senin, gajah tersebut ditemukan mati pada Minggu (15/10) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Gajah mati tersebut ditemukan di Dusun Semedang Jaya, Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, Aceh Timur," sebut Sapto Aji Prabowo.

Ia menyebutkan, gajah mati tersebut seekor jantan berusia 10 tahun dan betina berumur 20 tahun. Gajah mati tersebut ditemukan warga dan kemudian disampaikan kepada Forum Konservasi Leuser.

Oleh Forum Konservasi Leuser, kata dia, diteruskan ke BKSDA. Kemudian, petugas BKSDA Resor Langsa meluncur ke lokasi untuk mengamankan bangkai dua gajah tersebut.

"Saat bangkai gajah ditemukan, lengkap dengan gadingnya. Gajah mati diduga karena terkena pagar beraliran listrik yang dipasang warga," sebut Sapto Aji Prabowo mengungkapkan.

Kemudian, lanjut dia, tim gabungan BKSDA Aceh, Balai Penegakan Hukum LHK Wilayah Sumatera, Polres Aceh Timur, dan Forum Konservasi Leuser menuju ke lokasi untuk mengotopsi bangkai gajah tersebut.

"Otopsi dilakukan dengan mengambil beberapa sampel organ dan selanjutnya diuji laboratorium. Hasil otopsi dan kesimpulan sementara, gajah mati karena tersengat listrik," kata dia.

Sapto Aji Prabowo menyebutkan, dua gajah tersebut diperkirakan mati pada Sabtu (14/10) malam. Dan BKSDA Aceh sudah membuat laporan ke Polres Aceh Timur.

"Kami berharap penegakan hukum kasus ini dapat dilakukan. Kami juga mengingatkan warga untuk tidak memasang arus listrik di pagar kebun, karena tidak hanya mengancam satwa liar juga membahayakan manusia," kata Sapto Aji Prabowo.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017