Gubernur untuk mereka yang memilih maupun untuk mereka yang tidak memilih
Jakarta (ANTARA News) - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno telah mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden Joko Widodo saat upacara pelantikan di Istana Negara, Senin.  Anies kemudian mengikrarkan diri untuk menjadi gubernur untuk semua warga Jakarta, baik yang telah memilihnya maupun yang tidak memilihnya.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-selurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ucap Anies mengulangi pernyataan sumpah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Sandiaga juga mengucapkan sumpahnya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mengulangi pernyataan Presiden.

Acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Ketua DPR RI Setya Novanto, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, serta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Anies mengatakan akan segera membahas target 100 hari program kegubernurannya.

"Semua melalui program kegiatan, kita akan memastikan Gubernur Jakarta adalah gubernur untuk semua. Gubernur untuk mereka yang memilih maupun untuk mereka yang tidak memilih," kata Anies kepada media usai pelantikan terkait upaya menjaga kerukunan warga DKI Jakarta.

Anies mengatakan Pilkada adalah cara untuk pengambilan suara guna menentukan tokoh yang menjabat kepala daerah.

Dia menambahkan amanat yang diemban setelah menjabat gubernur adalah menciptakan keadilan untuk seluruh warga DKI Jakarta.

"Kita ingin Jakarta yang berkeadilan, kita ingin Jakarta milik semua. Jakarta bukan milik sekelompok orang, bukan milik mereka yang punya uang saja, tapi juga milik mereka yang ingin ke sini untuk mendapatkan kesejahteraan," ujar Anies.

Gubernur DKI mengatakan Presiden Jokowi mengundang dia untuk bertemu pekan ini.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017