Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendorong rivalnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton kembali mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2020, yang menurut dia akan bisa dia menangi lagi.

"Saya berharap Hillary kembali mencalonkan diri," kata Trump dalam konferensi pers, Senin (16/10).

"Hillary, ayo mencalonkan diri lagi! Silakan," katanya sebagaimana dikutip AFP.

Pemimpin dari Partai Republik itu juga mengatakan bahwa pernyataan dukungan Clinton pada para atlet profesional yang dalam beberapa pekan terakhir memicu kegusaran sang presiden karena berlutut saat lagu kebangsaan dinyanyikan sebelum acara olahraga sebagai pernyataan protes terhadap ketidakadilan ras merupakan satu contoh mengapa ia kalah dalam pemilu presiden 2016.

"Sejujurnya, pemikiran seperti itu dan itu merupakan penyebab ia kalah dalam pemilu," kata Trump, yang menyebut sikap Clinton mengenai masalah itu sebagai "kesalahan".

Trump menyebut berlutut saat lagu kebangsaan "The Star-Spangled Banner" merupakan penghinaan terhadap bendera Amerika Serikat.

Ia berulang kali menyebut isu tersebut setelah melontarkan pernyataan bahwa para atlet yang menolak berdiri saat lagu kemerdekaan dikumandangkan menjelang pertandingan semestinya dipecat.

Clinton telah mengesampingkan kemungkinan dia kembali mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Amerika Serikat.(ab/)



Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017