Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan perkembangan pembangunan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) Bandung akan selesai sesuai rencana dengan tahap uji coba direncanakan pada November 2017.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, menuturkan, pembangunan Tol Soroja direncanakan rampung pada akhir Oktober 2017 dan saat ini pihaknya sedang mengagendakan proses uji coba dengan seluruh pihak terkait.

"November progres uji coba dan persiapan uji coba tersebut saya dengan Sekda Kabupaten Bandung sudah koordinasia dan direktur pun sudah koordinasi, dan bupati sudah di informasikan, dengan demikian pada saat proses uji coba dipersiapkan dengan matang," kata Iwa di Bandung, Selasa.

Ia mengatakan dari hasil uji coba yang dilakukan, akan dilakukan evaluasi terkait kelaikan jalan tol, terkait apa saja yang harus diperbaiki pada pengoperasionalisasian tol tersebut.

"Dari hasil proses uji coba ini, ada beberapa masukan, yang pertama mungkin kelaikan dari pada jalan tol itu sendiri untuk segera diselesaikan mungkin itu menjadi ranahnya PPJT," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, nantinya juga akan dilakukan evaluasi terkait jaringan jalan lanjutan penghubung ke jalan tol dan baik jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jawa Barat, maupun Kabupaten Bandung.

"Kedua kekurangan-kekurangan apabila jalan tol selesai untuk jaringan jalan lanjutan, baik jaringan jalan kewenangan Provinsi Jawa Barat maupun Kabupaten Bandung," katanya.

Ia menuturkan Pemprov Jawa Barat sebenarnya telah mengantisipasi hal tersebut tapi pengkajian tersebut akan dimatangkan setelah melihat hasil dari uji coba tol yang menghubungkan kota dan Kabupaten Bandung.

"Selama ini tetap kami antisipasi tapi dengan adanya uji coba menjadi dan beberapa tahun kemudian menjadi bahan masukan yang sangat berharga," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan masukan-masukan yang nantinya didapat dari hasil uji publik terkait jaringan jalan pendukung Tol Soroja akan menjadi prioritas untuk direncanakan lanjutan pembangunan jalan bersama, antara Pempov Jabar dan Kabupaten Bandung.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017