Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mempersilakan masyarakat setempat menghadiri "Kenduri Ageng" dan "Open House" untuk tasyakuran pascapelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022 di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (20/10)

"Kami berharap masyarakat bisa datang ke Bangsal Kepatihan ikut mangayubagyo (ikut berbahagia dan merayakan)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta Gatot Saptadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Gatot, seluruh lapisan masyarakat dipersilakan untuk menghadiri "Kenduri Ageng" dan Open House mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Dalam acara itu masyarakat yang datang dipersilakan bersalaman dan memberikan ucapan selamat kepada Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

Di sela acara itu, juga akan berlangsung pemotongan tumpeng. Masyarakat yang hadir dipersilakan menikmati berbagai macam hidangan khas Yogyakarta yang disajikan di sekitar Bangsal Kepatihan.

"Kalau nasi tumpeng kan tidak bisa menjangkau semua warga yang datang, sehingga kami siapkan berbagai sajian makanan sendiri," kata Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Amiarsi Harwani.

Selain acara Kenduri Ageng dan Open House, Pemda DIY juga menggelar beragam acara tasyakuran lainnya yakni Maulid Akbar bersama Habib Luthfiy bin Ali bin Yahya dalam rangka Tasyakuran pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY pada Jumat malam pukul 19.30 di Pagelaran Keraton.

Selanjutnya, Jamuan Syukuran Mangayubagyo pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY juga kembali digelar di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, khusus dengan jajaran Forkominda DIY, Parampara Praja, Bupati Walikota, pimpinan SKPD, serta tokoh masyarakat pada Sabtu (21/10) pukul 19.00 WIB.

Pada saat yang sama, juga berlangsung acara "Doa Tasyakuran pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY" di Kagungan Dalem Bangsal Sewatama Kadipaten Pakualaman.

Gelar Seni Mangayubagyo pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY juga digelar di empat titik lokasi kabupaten pada Sabtu (21/10) Gunung Purba Nglanggeran, Mangunan, Waduk Sermo dan Pantai Depok.

Gelar Budaya Rakyat Mangayubagyo Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY akan digelar pada Minggu (22/10) pukul 19.00 di Pagelaran Kraton Yogyakarta.

"Dalam acara itu akan ada 10 penampilan kesenian mulai seni musik,tari, dan drama. Masing-masing kabupaten/kota menyajikan dua penampilan kesenian sehingga akan melibatkan total lebih dari 200 hingg 300 orang penampil," kata Ketua Sekber Keistimewaan DIY Widihasto Wasana Putra.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017