Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Gempa tektonik magnitudo 4.4 Skala Richter (SR) terasa menguncang wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Selasa, pukul 20.30 WIB.

Guncangan gempa tersebut dirasakan sejumlah masyarakat seperti di wilayah Kecamatan Johan Pahlawan, meski hanya terhitung sekitar tiga detik, namun getaran gempa cukup terasa di suasana ketenangan masyarakat.

"Saya kebetulan lagi istirahat di rumah, tiba-tiba terasa seperti berayun sekitar tiga detik dan saya lihat lampu bergoyang, saya sadar bahwa itu gempa," kata Agus, salah seorang warga Desa Blang Beurandang, kepada Antara.

Data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, titik koordinat gempa berada lokasi 3.78 Lintang Utara (LU), 96.01 Bujur Timur (BT) di laut, 65 kilometer Barat Daya Kabupaten Nagan Raya, Aceh, kedalaman 23 km.

Beberapa warga yang tinggal di Kabupaten Nagan Raya yang ditanyai mengaku merasakan getaran gempa tersebut walaupun hanya sesaat dan tidak begitu kuat, hingga kini belum diketahui dampak gempa tersebut terhadap infrastruktur bangunan rusak ataupun tidak.

Gempa tektonik tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami dan hingga satu jam berselang pascagempa 4.4 SR ini, belum ada laporan masyarakat yang panik maupun mengalami kerugian materil di wilayah Aceh Barat.

Pewarta: Anwar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017