Sleman (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka lowongan untuk enam jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah daerah setempat melalui seleksi terbuka.

"Bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang memenuhi syarat diharapkan ikut mendaftar, termasuk ASN di luar pemerintah Kabupaten Sleman dengan catatan yang memenuhi syarat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi di Sleman, Selasa.

Menurut dia, persyaratan umum yang bisa mendaftar antara lain berstatus PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY dan Pemerintah DIY, diutamakan yang berasal dari Pemkab Sleman.

"Memiliki Pangkat/Gol ruang untuk pejabat administrator sekurang-kurangnya Pembina Golongan ruang IV/am Berusia paling tinggi 56 tahun terhitung 2 Januari 2018. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara komulatif paling kurang selama lima tahun," katanya.

Ia mengatakan, selain itu persyaratan lain diantaranya juga sedang atau pernah menduduki jabatan administrator atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat dua tahun.

"Di samping itu juga memiliki sertifikat kelulusan diklat kepemimpinan tingkat III (bagi pejabat administrator), berpendidikan paling rendah Sarjana Strata-1 (S-1) atau Diploma IV," katanya.

Sumadi berharap bahwa ASN di lingkungan Pemkab Sleman yang memenuhi syarat untuk ikut mendaftar dalam lelang terbuka tersebut. Karena dalam seleksi akan melibatkan kalangan akademisi dan. pemerintah Provinsi DIY serta beberapa tenaga yang punya kompetensi hal tersebut untuk menjaga akuntabilitas tim seleksi.

Sedangkan persyaratan administrasi antara lain bahwa lamaran ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Kabupaten Sleman dengan melengkapi persyaratan antara lain, Surat Lamaran ditandatangani pelamar, Pas Foto terbaru berwarna ukuran 4x6 sebanyak dua lembar, Foto copy Ijazah terakir yang dilegalisir, Foto copy SK Pengangkatan sebagai pejabat eselon III atau SK Pengangkatan Jabatan fungsional Ahli Madya yang dilegalisir.

"Bagi pejabat administrator yang belum lima tahun dalam jabatan administrator melampirkan SK Pengangkatan dalam jabatan sebelumnya. Juga foto copy SK dalam pangkat terakhir yang dilegalisir," katanya.

Sementara jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan eselon II.b, Inspektur eselon II.b, Kepala Dinas Pendidikan eselon II.b, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan eselon II.b, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa eselon II.b, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik eselon II.b.

Calon pendaftar seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama wajib melakukan pendaftaran secara online di situs http://jpt.slemankab.go.id pada 16 Oktober hingga 2 November 2017 serta mencetak formulir yang telah diisi. Formulir pendaftaran dicetak dua rangkap, satu lembar sebagai tanda terima dan satu lembar untuk kelengkapan berkas. Pelamar dapat memilih dua jabatan yang berbeda.

"Sedang pengiriman berkas pendaftaran sah apabila berkas pendaftaran seleksi yang telah dilengkapi persyaratan serta formulir pendaaftaran secara online diserahkan secara langsung kepada Panitia seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Sleman dengan amplop tertutup pada hari kerja mulai 16 Oktober hingga 3 November 2017 jam 08.00 sampai 13.00 WIB di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, seleksi tertulis dilaksanakan bagi seluruh peserta yang memenuhi persyaratan administrasi, seleksi tertulis menggunakan sistem gugur. Masing-masing jabatan diambil lima peserta seleksi dengan skor nilai tertinggi.

"Sedang seleksi tertulis meliputi pengetahuan kewilayahan, pengetahuan kepemerintahan, pengetahuan kepemimpinan, tes potensi akademik dan wawasan kebangsaan, Pancasila dan UUD 1945. Disamping itu masih ada seleksi kompetensi manajerial menggunakan assesment center, uji kesehatan khusus, penyusunan makalah/uji gagasan dan presentasi dan wawancara," katanya.

Ia mengatakan, pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 6 November 2017 melalui website www.slemankab.go.id mulai pukul 18.00 WIB.

Pewarta: Victorianus SP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017