Maribor, Slovenia (ANTARA News) - Liverpool mencatatkan rekor kemenangan tandang terbesar di kompetisi Eropa setelah menaklukkan Maribor 7-0 pada pertandingan ketiga Liga Champions, Rabu dini hari waktu Indonesia.

Menurut laman UEFA, kemenangan terbesar Liverpool pada laga tandang terjadi di Olympia Stadion saat menaklukkan klub Finlandia, FC Haka, 5-0 pada Agustus 2001.

Menurut statistik Opta, Liverpool merupakan klub Liga Inggris pertama yang meraih kemenangan tandang terbesar dengan selisih tujuh gol. Kemenangan itu juga menyamai rekor Marseille saat menaklukkan Zilina 7-0 pada tahun 2010 dan  Shakhtar Donetsk yang menekuk Bate Borisov pada 2014.

Juru taktik Liverpool, Juergen Klopp, gembira bisa mencetak sejarah dengan kemenangan yang tercipta berkat gol Roberto Firmino (dua gol), Mohamed Salah (dua gol), Philippe Coutinho, Alex Oxlade-Chamberlain dan Trent Alexander-Arnold.

"Saya segera diberitahu setelah pertandingan, sebenarnya saya sama sekali tidak tahu," Klopp pada konferensi seusai pertandingan dilansir ESPN.

"Kami berbicara beberapa kali tentang bagaimana sejarah luar biasa klub ini yang terasa begitu banyak sehingga sangat menyenangkan bisa menulis sejarah, dan mungkin akan sulit untuk melewatinya," kata Klopp.

"Sangat jarang Anda bisa menang 7-0, tapi itu menunjukkan lagi bahwa kami tampil luar biasa baik malam ini," kata Klopp.

Liverpool juga pernah mengemas kemenangan kandanng terbesar 8-0 saat mengalahkan Besiktas pada 2007, menyamai catatan Real Madrid yang menekuk Malmo dengan delapan gol tanpa balas pada 2015, demikian UEFA.

(Baca: Liverpool pesta 7-0 ke gawang Maribor)

(Baca: Hasil dan klasemen Liga Champions seusai laga Rabu dini hari)

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017