Surabaya (ANTARA News) - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya kembali mempertimbangkan bergabung dengan dua kampus milik pemerintah daerah setelah sebelumnya merger dengan kampus pemda lainnya yakni Akademi Keperawatan (Akper) Gresik dan Akper Lamongan.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di Surabaya, Rabu mengatakan kedua kampus yang dipertimbangkan bisa bergabung dengan Unair adalah Akper pamekasan dan Akademi Kebidanan (Akbid) Bojonegoro.

Nasih mengaku pihaknya akan selektif menerima merger kampus milik pemda. Salah satunya terkait akreditasi yang minimal B. Selain itu jumlah dosen juga akan dipertimbangkan. Jarak juga menjadi pertimbangan dari Unair untuk menerima merger dengan kampus pemda.

"Misalnya Gresik dan Lamongan itu jaraknya kurang dari 80 kilo meter, jadi masih termasuk dalam domisili. Kalau terlalu jauh kita juga susah melakukan kontrol dan pengawasannya," kata Nasih.

Terkait merger yang sudah dilakukan dengan Akper Gresik dan Lamongan, Nasih mengatakan mahasiswa di kampus tersebut tahun depan akan lulus dengan mengantongi ijazah dari Unair. Khususnya mereka yang masuk pada tahun akademik 2015 ke atas.

"Kita harap untuk mahasiswa tahun 2015 ke bawah untuk diselesaikan semua tahun ini. Maksimal harus lulus semua tahun ini," ujarnya.

Karena akan mengantongi ijazah Unair, Nasih memastikan mahasiswa semua akan berada dalam kendali Unair. Termasuk sertifikasi dosen yang akan diusulkan Unair maupun penjaminan mutu lulusanya. "Kita tetapkan harus toefl minimal 450. Ini yang kemarin agak berat," tutur Nasih.

Sementara terkait status dosen yang juga termasuk dalam merger, Nasih yakin tidak akan mengalami kendala. Sebab, mereka umumnya telah berstatus PNS pemda. Sehingga tinggal dilakukan mutasi dari pemda ke Kemenristek-Dikti.

"Untuk kampus milik Pemprov Jatim sendiri sampai sekarang belum mengusulkan merger. Katanya itu akan ribet karena nanti harus ada pengalihan aset dan sebagainya," tutur Nasih.

Sebelumnya sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Jatim melakukan merger dengan kampus milik pemda. Selain Unair, PTN yang merger adalah Universitas Jember (Unej) dengan Akademi Keperawatan (Akper) Lumajang.

Pewarta: Indra Setiawan/Willy Irawan
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017