Jakarta (ANTARA News) - Cleveland Cavaliers harus bersusah payah untuk meraih kemenangan atas Boston Celtics dalam laga pembuka musim reguler NBA 2017-2018.

Cavaliers yang unggul lebih dulu, sempat dikagetkan oleh kebangkitan tim tamu pada kuarter ketiga, sebelum akhirnya sukses menang tipis 102-99 di Quicken Loans Arena, Ohio, Amerika Serikat, Rabu WIB.

Dua percobaan tembakan tiga angka beruntun dari Jaylen Brown dan Kyrie Irving di pengujung laga gagal menceploskan bola ke dalam keranjang, sekaligus memaksa Celtics harus menerima kekalahan di pertandingan pembuka mereka musim ini.

Sang Raja, LeBron James, masih memperlihatkan kekuasaannya dan menjadi pemain paling kontributif dalam kemenangan Cavaliers pada laga tersebut, dengan hampir mengemas triple-double lewat 29 poin, 16 rebound dan sembilan assist.

Kevin Love turut membantu James dengan menyumbangkan double-double 15 poin dan 11 rebound, sedangkan deretan penggawa anyar Cavaliers juga turut berkontribusi positif, Derrick Rose mencetak 14 poin, Jae Crowder 11 poin dan Dwyane Wade delapan poin.

Celtics harus kehilangan bintang barunya, Gordon Hayward, setelah laga baru berjalan lima menit karena cedera mengerikan yang dialaminya saat terjatuh dengan keadaan tak ideal dan kaki kirinya terlihat patah.

Irving --yang musim lalu masih membela Cavaliers-- serta merta menjadi penopang tim dengan mengemas double-double lewat 22 poin dan 10 assist, disusul double-double Jayson Tatum dengan 14 poin dan 10 rebound, serta kontribusi Jaylen Brown sebagai pencetak angka utama Celtics di laga tersebut mengantongi 25 poin dan enam rebound.

Cavaliers memegang keunggulan cukup meyakinkan 29-19 saat menutup kuarter pertama yang diperbesar menjadi 53-38 di pengujung paruh pertama pertandingan di antaranya berkat sumbangan 14 poin dari James.

Namun pada kuarter ketiga Celtics memangkas jarak ketertinggalan menjadi tersisa satu poin saja, dengan mencetak 33 angka tambahan disokong Brown yang mencapai titik raihan 20 poin di kuarter tersebut. 

Celtics bahkan sempat berbalik merebut keunggulan 71-69 saat Marcus Smart mencetak angka lewat lay-up di sisa waktu 4,1 detik kuarter ketiga. Beruntung Rose melesakkan tembakan tiga angka buzzer-beater demi memastikan Cavaliers tetap unggul 72-71 saat menutup kuarter ketiga.

Kuarter pamungkas diwarnai kejar mengejar poin antara kedua tim, bahkan hingga di menit-menit terakhir pertandingan. Tiga poin yang menjadi pembeda sekaligus pengantar Cavaliers memenangi laga tersebut dicetak oleh Love di sisa waktu 46 detik.

Hari pembuka NBA 2017-2018 juga masih menyisakan laga antara juara bertahan Golden State Warriors menjamu Houston Rockets di Oracle Arena, California.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017