Jakarta (ANTARA News) - Gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno memastikan akan memenuhi janji kampanye mereka untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Ibu Kota saat mengunjungi SND 07 Pagi di Cawang, Jakarta Timur, Rabu pagi.

"Kita mengirimkan pesan untuk semua, bahwa prioritas utama kita pendidikan yang berkualitas dan akses pendidikan untuk semua," kata Anies.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Angka Partisipasi Murni (APM) untuk Sekolah Dasar di Jakarta 97 persen, Sekolah Menengah Pertama 87 persen dan Sekolah Menengah Atas 59 persen.

"Bayangkan di Ibu Kota ini angka APM 59 persen, dan akan kita tingkatkan untuk masuk kelas 1 sampai tuntas ke kelas 12," kata Anies.

Selain itu, menurut dia, berdasarkan data Indonesian National Assessment Programme (INAP) tingkat kemampuan membaca anak di Ibu Kota masih di bawah rata-rata nasional.

Padahal, Anies melanjutkan, akses ke buku bacaan di DKI Jakarta relatif luas.

"Kita ingin di Jakarta bukan hanya di atas rata-rata nasional, Jakarta harus bisa sejajar dengan kota-kota besar di Asia Tenggara minimal," katanya.

Selain itu Gubernur menyatakan akan segera merealisasikan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, perbaikan dan perluasan manfaat KJP yang dijanjikan selama kampanye pemilihan gubernur.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017