Jakarta (ANTARA News) - Tim aksi jalan kaki jarak jauh Surabaya-Jakarta relawan Jamkeswatch KSPI akan menyampaikan aspirasi dan tuntutan perbaikan Jaminan Kesehatan Nasional dan BPJS Kesehatan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Rabu siang.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, di Jakarta, Rabu, menyatakan, Uno berkenan menerima tim mereka, di Balai Kota DKI Jakarta. "Karena itu kami mengapresiasi kepedulian Anies-Sandi terhadap permasalahan jaminan kesehatan ini," ujar dia.

Usai melakukan pertemuan di Balaikota DKI Jakarta, mereka juga akan ke Gedung DPR, dan ke Istana Merdeka dalam rangka tiga tahun pemerintahan Jokowi-Kalla pada 20 Oktober nanti. 

"Hari Jum'at nanti, ribuan buruh dari berbagai daerah akan menyambut kedatangan Ade Kenzo dan tim jalan kaki jarak jauh ini di depan Istana Merdeka," ujar dia.

"Di Balai Kota Jakarta, kami juga akan menuntut kontrak politik antara buruh dan Anies-Sandi dijalankan. Yakni dalam penetapan upah minimum, tidak lagi menggunakan PP 78/2015," ujar dia.

Sebelumnya, Kenzo memulai jalan kaki jarak jauhnya, dari Surabaya ke Jakarta pada 19 September 2017.

Sambutan positif dari berbagai elemen masyarakat dan buruh pun terus berdatangan.

Selama lebih kurang 30 hari ini, kota-kota yang sudah dilewati adalah: Surabaya-Gresik-Lamongan-Babat-Tuban-Rembang-Pati-Kudus-Demak-Semarang-Kendal-Pekalongan-Pemalang-Tegal-Brebes-Cirebon-Indramayu-Subang-Purwakarta-Karawang-Bekasi-Jakarta.

Pewarta: Aziz Kurmala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017