Jakarta (ANTARA News) - Perjalanan Golden State Warriors mempertahankan gelar juara NBA mereka diawali dengan hasil pahit saat ditekuk tim tamu Houston Rockets 121-122 dalam laga perdana kedua tim di musim reguler 2017-2018 di Oracle Arena, California, Amerika Serikat, Rabu WIB.

Tembakan dua angka Kevin Durant di pengujung laga, yang sempat dihitung sebagai poin kemenangan Warriors dianulir setelah ofisial pertandingan menyaksikan ulang rekaman kejadian. 

Dari video yang disematkan di laman NBA.com, terlihat sisa waktu laga sudah terlebih dahulu habis atau memperlihatkan angka 0.0 ketika bola masih berada di kedua tangan Durant.

Keputusan ofisial disambut gembira oleh James Harden yang menjadi penyokong kemenangan Rockets dengan raihan double-double 27 poin, enam rebound dan 10 assist.

Kemenangan Rockets juga didukung sumbangan 24 poin dari Eric Gordon serta 20 poin pemain veteran anyar mereka, P.J. Tucker, sedangkan bintang baru Chris Paul membukukan empat poin, delapan rebound dan 11 assist.

Di kubu tuan rumah, Durant menjadi pemain paling kontributif dengan catatan 20 poin, lima rebound dan tujuh assist, diikuti Stephen Curry yang mengemas 22 poin, lima rebound dan empat assist. Sementara pemain anyar mereka, Nick Young menjadi penyumbang angka terbanyak dengan 23 poin, setelah sukses melesakkan enam dari tujuh kali percobaan tembakan tiga angka.

Kekalahan itu juga diperburuk cedera lutut yang diderita Draymond Green yang harus meninggalkan lapangan lebih awal pada kuarter keempat dengan catatan sembilan poin, 11 rebound dan 13 assist.

Laga berjalan ketat sejak kuarter pertama, yang berakhir dengan kedudukan 34-35 untuk keunggulan Warriors saat tembakan tiga angka Harden menemui sasaran untuk Rockets.

Warriors sempat memperlebar jarak keunggulan saat mencetak 36 poin tambahan di kuarter kedua, demi menutup paruh pertama pertandingan dengan mengungguli Rockets 71-62.

Tuan rumah kian menjauh dari kejaran Rockets dengan menambah keunggulan menjadi 101-88 di pengujung kuarter ketiga. Akan tetapi di sisa waktu 12,7 detik, saat berupaya melepaskan tembakan dua angka Green dan dihalangi Trevor Ariza mendarat dalam posisi kurang nyaman dan terlihat mengerang kesakitan.

Green sempat melepaskan dua lemparan bebas atas pelanggaran yang dilakukan Ariza, namun ia tak kembali di sisa laga.

Keluarnya Green boleh jadi turut berpran terhadap kegagalan Warriors mempertahankan keunggulan, sebab kemudian Rockets merangsek mendekati perolehan poin tuan rumah.

Rockets memang baru berhasil membalikkan keadaan di sisa waktu 44 detik lewat dua lemparan bebas Tucker, namun keunggulan 122-121 itu bertahan hingga laga usai.

Di laga lain, juara bertahan Wilayah Timur, Cleveland Cavaliers, berhasil menang 102-99 atas Boston Celtics dalam laga yang diwarnai cedera mengerikan terhadap Gordon Hayward.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017