... kerja keras panjang, sosialisme dengan watak China memasuki masa baru. Itu arah sejarah baru dalam pembangunan negara kita...
Beijing (ANTARA News) - Presiden China, Xi Jinping, membuka Kongres Partai Komunis, Rabu, dengan janji membangun "negara sosialis modern", yang tidak akan pernah mencontoh sistem politik orang lain serta tetap terbuka untuk dunia.

Pidato Xi itu mengawali kongres dua kali dalam satu dasawarsa tersebut, sebagian besar tertutup sepanjang minggu, yang akan berujung pada pemilihan Komite Tetap Penentu Kebijakan baru untuk memerintah 1,4 miliar orang China selama lima tahun ke depan.

Dia menetapkan pandangannya itu saat menyambut lebih dari 2.000 utusan di Balai Agung Rakyat Beijing, termasuk mantan presiden China, Jiang Zemin, yang berusia 91 tahun.

"Dengan kerja keras panjang, sosialisme dengan watak China memasuki masa baru. Itu arah sejarah baru dalam pembangunan negara kita," kata Xi, dalam pidato disiarkan langsung ke seluruh negara tersebut oleh televisi pemerintah.

China akan melonggarkan akses pasar untuk investasi asing dan memperluas akses ke sektor jasanya, serta memperdalam reformasi pasar yang berorientasi pasar terhadap nilai tukar dan sistem keuangannya, sementara pada saat yang sama memperkuat perusahaan negara, kata Xi.

Menurut Xi, sistem politik China adalah cara yang paling luas, paling asli, dan paling efektif untuk melindungi kepentingan fundamental masyarakat. "Kita tidak seharusnya secara mekanik menjiplak sistem politik negara lain," demikian Xi.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017