Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Republik Indonesia memberikan penghargaan Bintang Jasa Utama kepada akademisi dan peneliti Jepang, Takashi Shiraishi.

"Beliau telah mengembangkan bidang pendidikan dengan memfasilitasi warga Indonesia yang menempuh pendidikan di Jepang," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, yang mewakili pemerintah memberikan penghargaan itu di Tokyo.

Siaran pers kementerian yang disampaikan Rabu menyebutkan Bintang Jasa Utama merupakan tanda kehormatan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada warga negara asing yang telah berjasa besar terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Airlangga menjelaskan pemerintah memberikan penghargaan kepada Shiraishi karena pengabdiannya di bidang sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan beberapa bidang lain yang bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia.

Shiraishi merintis upayanya sejak menjabat sebagai Wakil Presiden dan Presiden National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS) pada 2005-2017.

GRIPS telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya untuk gelar magister dan doktor dengan double degree

"Kami turut merasa bangga karena generasi muda yang belajar di Jepang itu akan menjadi aset berharga untuk menggerakkan roda ekonomi dan pembaharuan di Indonesia," kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan pula bahwa hubungan diplomatik Indonesia-Jepang telah terjalin baik sejak 1956 dan sampai sekarang Indonesia merupakan mitra strategis Jepang. 

Japan-Indonesia Friendship Association, di mana Shiraishi ikut terlibat, ikut mendukung penguatan hubungan bilateral itu.

"Momen ini penting ini guna memperkuat hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang. Kami pun mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pak Shiraishi. Kami harapkan pula akan lahir prestasi-prestasi baru yang menguntungkan kedua negara," kata Airlangga.

Shiraishi menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas penghargaan Bintang Jasa Utama dari pemerintah RI.

"Saya merasa terhormat karena penghargaan serupa untuk peneliti sangat jarang. Karir saya sebagai peneliti sangat terbantu oleh Indonesia. Saya bangga upaya saya dihargai pemerintah Indonesia dan dianugerahi Bintang Jasa Utama," kata Siraishi, Presiden Institute of Developing Economics Japan External Trade Organization sejak 2007 yang masih aktif mengajar di Ritsumeikan University.

Shiraishi mengatakan peneliti asing yang sebelumnya menerima penghargaan ini adalah George McTurnan Kahin pada 1991. Kahin merupakan dosen dan pembimbing disertasi Shiraishi di Universitas Cornell, Amerika Serikat. 


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017