Zurich (ANTARA News) - Petenis peringkat satu dunia Rafael Nadal mengundurkan diri dari turnamen Basel indoor mendatang karena masalah pada lututnya, kata petenis Spanyol itu.

Dengan kompetisi ATP Finals sudah akan bergulir bulan depan, Nadal mengatakan melalui halaman Facebooknya bahwa ia mengambil keputusan untuk absen pada turnamen Basel pekan depan setelah mendapat masukan medis.

Laju 16 kemenangan beruntun Nadal berakhir di final Shanghai Masters pada Minggu di mana ia ditundukkan petenis peringkat dua dunia Roger Federer, yang kini akan memiliki kesempatan untuk merebut posisi peringkat teratas.

"Saya dengan sedih mengumumkan bahwa saya harus mengundurkan diri dari Swiss Indoors Basel, setelah menemui dokter saya di Spanyol setelah mendarat dari Shanghai," kata Nadal pada Selasa.

"Saya menderita dari terlalu banyak tekanan pada lutut dan masalah-masalah yang telah ada pada turnamen di Shanghai, yang sekarang memaksa saya untuk berlibur berdasarkan nasehat dokter saya."

Nadal (31) unggul 1.960 poin atas Federer pada daftar peringkat dunia namun petenis Swiss 36 tahun itu dapat meraih 500 poin jika ia sukses menjadi juara di Basel, di mana 1.000 poin lagi akan diperebutkan di Paris Masters.

Pertarungan untuk posisi teratas pada akhir tahun dapat berlangsung ketat di mana pemenang ATP Finals, yang akan berlangsung pada 12 sampai 19 November di London, bisa mendapatkan 1.500 poin.

Nadal dan Federer masing-masing telah memenangi enam gelar tahun ini, berbagi keempat gelar Grand Slam di antara mereka.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017