Jakarta (ANTARA News) - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menunggu rapat paripurna dengan DPRD sebelum membicarakan kebijakan termasuk yang berkaitan proyek reklamasi dan penutupan Alexis, serta pemerintah Indonesia-Qatar membentuk tim kerja menindaklanjuti kerja sama bilateral mewarnai pemberitaan pada Rabu (18/10) .

1. Yang ditunggu Anies sebelum realisasikan janji kampanye

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (18/10) mengatakan ia harus terlebih dulu membicarakan rencana kebijakan dengan DPRD sebelum merealisasikan janji kampanye, termasuk yang berkaitan proyek reklamasi dan penutupan Alexis.

"(Tunggu) sidang paripurna istimewa di DPRD, teman-teman kan tanya 'kebijakan ini bagaimana? kebijakan itu bagaimana?" kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

"Kita menghormati perwakilan rakyat dan kita ingin menyampaikan semua rencana kita di hadapan para wakil rakyat," tambah dia.

Setelah sidang paripurna istimewa di DPRD, Anies berjanji akan mulai membuat kebijakan-kebijakan dan mengumumkannya ke publik.

Berita selengkapnya di sini

2. Tanggapan Anies soal dilaporkan ke Bareskrim

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilaporkan oleh anggota ormas Gerakan Pancasila ke Bareskrim Polri karena penggunaan kata "pribumi" dalam pidatonya usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 adalah suatu bentuk pelanggaran terhadap Undang-undang.

Saat ditanya tanggapannya mengenai pelaporan, Anies hanya menggelengkan kepala.

"Enggak ada, enggak ada, yuk cukup," kata Anies pada para wartawan di Balai Kota, Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya di sini

3. Indonesia-Qatar bentuk tim kerja tindak lanjuti kerja sama

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengatakan negaranya bersama pemerintah Indonesia akan membentuk tim kerja untuk menindaklanjuti kerja sama yang dibicarakan dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor.

"Kami juga berharap ada hasil yang positif yang dapat dicapai setelah kunjungan ini," kata Sheikh Tamim dalam jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo dalam kunjungan resminya ke Istana Bogor pada Rabu.

Menurut Emir Qatar, dirinya bersama Presiden Jokowi membahas sejumlah kerja sama yaitu di bidang infrastruktur dan pariwisata. Selain kerja sama investasi dan ekonomi, kedua pemimpin negara membahas eratnya hubungan kedua negara.

Berita selengkapnya di sini

4. Jokowi tegaskan dana desa harus buka lapangan kerja

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa penggunaan dana desa yang diberikan kepada perangkat perdesaan harus berjalan secara optimal, salah satunya mampu membuka lapangan pekerjaan.

"Pertama untuk hal-hal yang produktif, yang bisa langsung membuka lapangan pekerjaan dan kita harapkan semua yang dikerjakan di desa dilakukan dengan warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan di desa," kata Presiden saat membuka rapat terbatas yang membahas optimalisasi dana desa di Istana Bogor, Rabu.

Menurut Presiden Jokowi, hal kedua yang perlu dilakukan adalah pendampingan pengerjaan proyek desa baik oleh masyarakat maupun pemerintah.

Berita selengkapnya di sini

5. DKI siap percepat pembangunan infrastruktur Asian Games

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta menyatakan siap melakukan percepatan pembangunan infrastruktur fasilitas pendukung Asian Games 2018.

Percepatan pembangunan itu merupakan salah satu permintaan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan pengarahan kepada para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI.

"Kami siap melakukan percepatan pembangunan venue beserta fasilitas pendukung pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta," kata Kepala Dispora DKI Ratiyono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia, terdapat dua infrastruktur yang akan dikebut pembangunannya, antara lain Velodrome di Rawamangun (Jakarta Timur) dan Equestrian atau arena pacuan kuda di Pulomas (Jakarta Timur).

Berita selengkapnya di sini

6. Susi minta penerbangan langsung kawasan hub terluar untuk ekspor ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta dibukanya penerbangan langsung di kawasan pulau-pulau terluar sebagai hub terdekat untuk gerbang ekspor ikan segar.

Dalam paparan tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK, Menteri Susi mengatakan ikan segar menjadi hasil produksi yang mahal untuk diekspor, namun tidak didukung dengan akses dan transportasi sehingga ikan segar tersebut terpaksa dijual dalam keadaan beku.

"Saya minta Pak Menko untuk meminta Menteri Perhubungan membuka jalur terluar dari utara dan selatan terutama Indonesia Timur ke hub karena ada kenaikan ekspor ikan segar dari Maluku ke luar. Ini butuh penerbangan langsung," kata Menteri Susi di Kantor Staf Presiden Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya di sini

7. Hasil dan klasemen Liga Champions

Manchester United, Juventus, Barcelona, Paris Saint-Germain (PSG) dan Bayern Muenchen merupakan beberapa klub yang memetik kemenangan pada pertandingan ketiga fase grup Liga Champions, Rabu (18/10) waktu setempat atau Kamis dini hari waktu Indonesia.

Manchester United memimpin klasemen grup A setelah mengalahkan Benfica 1-0 berkat gol Marcus Rashford yang diwarnai blunder kiper Benfica Mile Svilar yang menjadi penjaga gawang termuda dalam sejarah Liga Champions dengan usai 18 tahun 52 hari.

PSG meneruskan catatan sempurna dengan tiga kemenangan, mencetak 12 gol dan belum kebobolan seusai menekuk Anderlecht 4-0 berkat gol Mbappe, Cavani, Neymar dan Di Maria.

Berita selengkapnya di sini

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017